Dalam kalender hijriyah terdapat 12 bulan yang di antaranya ada 4 bulan mulia dalam Islam seperti dalam riwayat hadist Bukhari dan Muslim, Rasulullah bersabda:

“ Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan di antaranya terdapat empat bulan yang dihormati: Tiga bulan berturut-turut; Zulqa’dah, Zulhijah dan Muharam serta satu bulan yang terpidah yaitu Mudhar, yang tedapat di antara bulan Jumada Akhirah dan Sya’ban.”

Termasuk dalam bulan mulia, di sepuluh hari bulan Dzulhijjah juga terdapat amalan dan kutamaan yang baik untuk kita lakukan, antara lain;

1.Haji dan umrah

Keduanya merupakan amalan yang terbaik yang bisa mendekatkan seorang hamba terhadap Rabb-nya dan dapat menghapuskan dosa serta mendapat balasan surga, seperti sabda Rasulullah:

“Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga”.

2.Berpuasa

Berpuasa pada hari-hari tersebut atau pada sebagiannya, terutama pada hari Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Seperti yang disebutkan dalam hadist:

“Puasa hari ‘Arafah yang mengharapkan pahala dari Allah dapat menghapus dosa-dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.”

  1. Memperbanyak takbir dan dzikir

Memperbanyak bacaan takbir dan dzikir seperti dijelaskan dalam Al-Qur’an

“Dan supaya mereka menyebut Nama Allah pada hari yang telah ditentukan” (QS Al Hajj/22: 28)

  1. Berkurban

Hal ini seperti sunnah Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam yakni saat Allah mengganti putranya Ismail dengan hewan sembelihan. Nabi Muhammad SAW juga menyembelih dua kambing gemuk lagi bertanduk untuk dirinya dan umatnya, seperti dalam riwayat

“Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”.

  1. Tidak memotong kuku dan rambut

Bagi yang ingin melaksanakan kurban, diharamkan untuk memotong kuku dan rambut seperti hadist:

“Jika telah masuk sepuluh hari pertama Dzulhijjah dan salah seorang dari kalian ingin berkurban, maka janganlah ia mengambil rambut dan kulitnya sedikitpun.” (HR. Muslim no. 1977)

  1. memperbanyak amal shalih

Hal ini bisa dilakukan dengan memperbanyak amalan sunnah seperti sholat, sedekah, membaca Al-Qur’an dan lain sebagainya. Sebab dalam 10 hari awal Dzulhijjah, amalan-amalan tersebut akan dilipatgandakan pahalanya.

  1. Melaksanakan Sholat Idul Adha

 

  1. Tidak Berpuasa pada hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik

 

Selamat menyambut hari raya Idul Adha. Semoga kita semua mampu mendapatkan keberkahan dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

 

Sumber:

https://bit.ly/2w74UBr https://bit.ly/2PdTEvJ https://bit.ly/2Mzbueo https://bit.ly/2w9jM26 https://bit.ly/2bKz7iR

Please follow and like us:
×
Assalamualaikum, team KarpetPersia disini. Apakah ada yang bisa kami bantu ?

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/10-hari-pertama-dzulhijjah-amalan-dan-rahasia-keutamannya">
INSTAGRAM