5 Makanan Sehat Ala Rasulullah yang Patut Dikonsumsi Sehari-hari

5 Makanan Sehat Ala Rasulullah yang Patut Dikonsumsi Sehar-hari
  1. Kurma

Nabi Muhammad berkata bahwa sebuah rumah yang tiada kurma di dalamnya, sama seperti tidak ada makanan. Kurma juga sangat baik bagi bagi ibu hamil dan menyusui. Beliau sendiri mengkonsumsi 7 butir kurma setiap hari pada waktu dhuha. Kurma juga bisa menetralkan racun dalam tubuh, Nabi Muhammad bersabda:

“Barang siapa makan tujuh butir kurma, makan akan terlindungi dari racun”

Ketika seorang Yahudi wanita meracuni Rasulullah, beliau selamat berkat racun tersebut terserap oleh zat yang terkandung dalam kurma, sedangkan sahabat Bisyir Ibu A Barra yang ikut makanan bercaun tersebut meninggal.

  1. Madu

Madu adalah satu-satunya makanan di bumi yang tidak bisa kadaluwarsa. Madu memang memiliki jutaan manfaat bagi tubuh. Nabi Muhammad mengkonsumsi madu yang dicampur dengan segelas air putih setiap pagi. Nabi Muhammad juga bersabda:

“Hendaklah kalian menggunakan dua obat, Al-Qur’an dan madu” (HP Ibnu Majah)

Madu juga merupakan makanan yang mulia bagi penduduk di surga, seperti disebutkan dalam Al-Qur’an:

“Dan sungai-sungai dari madu yang disaring. Dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka…” (QS Muhammad: 15)

Banyak penelitian yang telah membuktikan kehebatan dan khasiat madu, dan seluruh dunia telah mengakui bahwa madu adalah obat dari segala penyakit. Madu juga bisa membantu memperlancar ASI bagi ibu yang menyusui.

  1. Zaitun

“Makanlah kalian buah zaitun/ minyak zaitun dan  gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya (zaitun) dari pohon yang diberkahi.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Maja)

Menu makan sore Rasul adalah cuka dan minyak zaitun, ditambah makanan pokok roti dan menu ini berfungsi mencegah kanker dan menjaga stabilitas tubuh saat musim dingin.

  1. Buah tin

Buah ini disebut juga buah surga, dalam Al-Qur’an pun disebutkan:

“Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina,” (At-Tin: 1-2)

Rasulullah juga bersabda:

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok.” (HR Ibnu Qayyim)

Manfaat buah tin pun tak perlu diragukan lagi, dengan kandungan nutrisi vitamin dan mineral yang lengkap, banyak ahli yang memposisikannya sebagai buah “super nutrition”.

  1. Habbatussauda

Rasulullah bersabda:

“Sesungguhnya habbatus sa’uda ini merupakan obat dari setiap penyakit, kecuali saam (kematian).” (HR Imam Bukhori)

Habatussauda mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.

Sumber: http://bit.ly/2jX0x8E, http://bit.ly/2le4PJ6, http://bit.ly/2kgqoES, http://bit.ly/2kNjMB0, http://bit.ly/2kC5y3v,

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/5-makanan-sehat-ala-rasulullah-yang-patut-dikonsumsi-sehari-hari/">
INSTAGRAM