5 Tips Jitu Mengusir Kutu Dari Karpet Anda

5 Tips Jitu Mengusir Kutu Dari Karpet Anda

Kutu busuk adalah sejenis hama yang bersifat parasite dan mampu menyebabkan kerusakan yang parah pada serat benang, entah itu pakaian, kasur, kain, karpet dan lain sebagainya. Tak hanya merugikan secara visual yang membuat karpet anda tak lagi sedap dipandang, dari segi finansial anda juga akan dirugikan karena harus membeli karpet baru sebagai ganti yang telah dirusak hama ini. Untuk itu, jika anda sudah mengetahui ada tanda-tanda kutu bersarang di karpet anda, segera lakukan tindakan agar kerusakan tidak terlalu parah dan selagi masih bisa diselamatkan. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini

  1. Kenali penyebabnya

Hama tak mungkin secara ajaib hidup di karpet anda bukan? Kotoran, debu, sisa makanan dan minuman yang tertumpah, dipercaya sebagai alasan klasik munculnya  hewab parasite ini. Untuk itu kebersihan karpet penting hukumnya untuk selalu diperhatikan

  1. Temukan sarangnya

Ingin membasmi secara tuntas? Temukan dulu dimana sarangnya, area karpet ang lembab dan kotor biasanya menjadi lokasi kegemaran kutu. Selan itu, periksa juga lokasi yang gelap dimana kutu biasanya bersembunyi.

  1. Bersihkan dengan vacuum cleaner

Gunakan vacuum cleaner berdaya hisap tinggi untuk membersihkan seluruh karpet. Fokuskan pada sumber utama kutu tersebut dan bersihkan secara merata pada seluruh permukaan karpet. Untuk tindakan preventif, lakukan hal ini secara berkala setidaknya dua kali dalam seminggu.

  1. Cuci karpet

Jika jumlah karpet sudah teramat banyak, ada baiknya anda mulai merencanakan untuk mencucinya. Gunakan sabun khusus agar tidak merusak material karpet. Keringkan di bawah sinar matahari agar kering sempurna. Jika hal ini terasa sulit untuk dilakukan sendiri, anda bisa menyiapkan anggaran khusus untuk membawanya kepada jasa pencucian karpet yang sudah berpengalaman.

  1. Gunakan insektisida

Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan menyemprotkan insektisida khusus pembasmi kutu dan ikuti instruksi yang tertulis pada labelnya. Gunakan sarung tangan saat menggunakannya dan diamkan sejenak agar insektisida bekerja dan menguap ke udara. Jangan lupa cuci tangan anda setelahnya.

Pada dasarnya, menjaga rumah dan lingkungan sekitar tetap bersih adalah kunci utama yang tidak boleh disepelekan. Selain sehat, lingkungan yang bersih serta terjaga memiliki sedikit kemungkinan akan hadirnya kutu, hama dan virus lain yang tidak diinginkan.

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/5-tips-jitu-mengusir-kutu-dari-karpet-anda/">
INSTAGRAM