7 Amalan Sunnah Keseharian Sesuai Tuntunan Rasulullah

7 Amalan Sunnah Keseharian Sesuai Tuntunan Rasulullah

Adakah yang tak pernah mendengar nama Nabi Muhammad SAW? Nabi terakhir umat Islam ini memang ditunjuk sebagai suri tauladan bagi umatnya seperti dikutip dalam ayat Al-Qur’an:

“Sesungguhya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaiyu bagi orang yang mengharap Allah dan akhir serta banyak berdzikir kepada Allah? (Al-Ahzab: 21)

Untuk itu, sebagai umat yang cinta kepada kekasinya, sudah sewajarnya kita meniru perbuatan dan melaksanakan apa yang dilakukan Nabi Muhammad, beberapa di antaranya dengan melakukan amal sunnah di bawah ini:

  1. Berdzikir tiap pagi dan sore hari

Berdzikir atau mengingat Allah, adalah apa yang dilakukan oleh hati dan lisan berupa tasbih, memuji dan menyanjungnya, menyubutkan sifat kebesaran-Nya serta sifat keindahan dan kesempurnaan yang dimiliki-Nya. Secara harfiah, kata “dzikir” diambil dari kata “dzakara” yang berarti memelihara dalam ingatan. Jadi dzikir bisa juga diartikan dengan memelihara ingatan untuk selalu mengingat Allah dengan bertasbih dan mengagungkannya.

“Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara di waktu pagi dan petang dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai” (AL-Araf:205)

 

  1. Rutin dalam melaksanakan sholat dhuha

Dhuha adalah sholat sunah yang dikerjakan ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya hingga waktu zuhur. Dengan jumlah rakaat dari 2-12 rakaat.

“Pada pagi hari setiap persendian kalian diwajibkan sedekah, setipa ucapan tasbih itu bernilai satu sedekah, setiap kalimat tahmid itu bernilai satu sedekah, satu ucapan tahlil bernilai satu sedekah, satu ucapan takbir bernilai satu sedekah, memerintah yang makruf satu sedekah, mencegah yang mungkar satu sedekah. Dan semua itu bisa diganti dengan dua rakaan sholat Dhuha.”(HR Muslim).

 

  1. Sholat berjamaah tepat waktu

Banyak yang masih belum mengerti keistimewaan sholat berjamaah di awal waktu dan tidak jarang masih ada yang menunda-nunda sholat hingga akhir waktu. Padahal saking istimewanya sholat berjamaah di awal waktu, Rasulullah pun bersabda:

“Kalau sajamanusia tahu pahala panggilan shalat dan shaf awal, kemudian mereka tidak bisa menapatkannya selain harus dengan mengundi, pasti mereka akan mengundi” (HR Muslim)

  1. Membiasakan dan menjaga sholat rawatib

Sholat sunah rowatib adalah sholat sunah yang dikerjakan sebelum dan atau sesudah sholat fardhu. Jika dikerjakan sebelum sholat fardhu, disebut dengan sholat sunnha qobliyah sedangkan jika dikerjakan setelahnya, disebut sholat sunah ba’diyah.

“Tidaklah seorang hamba melakukan sholat sunah dengan ikhlas lillahitaala setiap hari sebanyak 12 rakaat melainkan Allah pasti akan mebangunkan rumah di surge”( HR Muslim)

  1. Membaca Al Qu’ran

Al-Qur’an adalah pedoman umat muslim, mebacanya mendatangkan kebaikan seperti sabda Rasulullah:

“Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya akan datang sebagai pemberi syafaat bagi sahabatnya (orang yang rajin membacanya)” HR Muslim

  1. Menjaga diri tetap suci dengan selalu menjaga wudhu

Berwudhu merupakan salah satu hal yang penting bagi umat muslim, selain silakukan sebelum sholat, wudhu juga sebaiknya dilakukan untuk menjaga diri agar tetap suci

“siapa yang berwudhu dan membaguskan wudhunya, kesalah-kesalahannya akan keluar dari jasadnya, bahkan sampai keluar dari ujung-ujung kukunya.” (HR Muslim)

  1. Sedekah setiap hari

“Pernah suatu ketika, seorang lelaki datang menemui Rasulullah dan bertanya, wahai nabi, sedekah apa yang paling utama? Nabi menjawab, bersedekahlah kau dalam kondisi sehat, kikir, takut miskin dan sedang berharap menjadi kaya, tidak menunda sampai nyawa di ternggorokan baru kau berkata, Aku sedekahkan ini untuk si fulan, padahal itu sudah menjad bagian si fulan (Ahli warisnya)” (HR Bukhari)

Sumber: http://bit.ly/2k1vmr8, http://bit.ly/2ksPzYd, http://bit.ly/2kU6MKF, http://bit.ly/2kVtJtu

 

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/7-amalan-sunnah-keseharian-sesuai-tuntunan-rasulullah/">
INSTAGRAM