Tak terasa, kita sudah memasuki kurang dari 100 hari menjelang Ramadhan. Biasanya dalam bulan Ramadhan, salah satu hal yang paling dinanti adalah buka puasa bersama di masjid maupun musholla, dimana tak hanya penduduk sekitar yang akan datang namun juga para musafir yang kebetulan melintas jalan tempat masjid tersebut berada.

Selain makanan dan minuman, biasanya pengurus masjid juga akan stand-by menjaga kebersihan masjid. Sebab, makanan maupun minuman yang dibawa ke dalam masjid saat iftar (buka puasa) bersama tak jarang akan jatuh dan mengotori lantai maupun karpet masjid.

Di sinilah perlu digunakan Plastik Iftar, atau dikenal juga dengan Sufra/Sufroh, yakni plastik panjang yang digunakan sebagai alas untuk menaruh makanan dan menjaga karpet maupun lantai masjid tetap bersih.

Plastik iftar ini lazim ditemui saat ramadhan di Masjid Nabawi. Dimana plastik sepanjang 10-15 meter digelar memanjang dan digunakan sebagai alas untuk menaruh makanan dan minuman untuk berbuka puasa agar tidak mengotori masjid. Para jamaah kemudian akan duduk berhadapan dan menikmati menu buka puasa bersama-sama.

Setelah selesai, plastik iftar tinggal digulung dan dalam sekejap ruangan sudah siap untuk digunakan sholat berjamaah. Praktis, tanpa perlu repot menyapu atau membersihkan sisa makanan.

Dalam segi kegunaan, plastik iftar ini sangat bermanfaat dan membantu DKM dalam mempermudah menyiapkan dan menjaga kebersihan masjid. Namun dalam prakteknya, di Indonesia masih jarang ditemui masjid yang menggunakan plastik iftar untuk berbuka puasa. Sehingga konsekuensinya, kadang jamaah tidak diperbolehkan untuk berbuka puasa di dalam masjid dan berjubel di luar ruang masjid untuk menghindari tumpahan takjil maupun menu buka puasa yang akan mengotori ruang masjid. Sebab waktu buka puasa menjelang sholat Maghrib begitu dekat dan membersihkan tumpahan maupun sisa makanan pasti membutuhkan waktu, sehingga wajar saja DKM menerapkan peraturan ini.

Untuk itulah, kini kami hadir dengan produk terbaru kami; Plastik Iftar, yang akan segera kami launching menjelang bulan Ramadhan tahun 2018 ini. Tak jauh beda dengan yang digunakan di Masjid Nabawi, plastik iftar kami memiliki lebar 138 cm dan panjang 65 meter per rollnya. Cukup lebar, jika digunakan untuk menu makan besar bisa langsung digelar, jika untuk menu sederhana bisa dibelah menjadi dua. Praktis dan efisien, DKM bisa membelah dan memotong sendiri plastik iftar ini sesuai dengan panjang ruangan sesuai kebutuhan.

Produk terbuat dari bahan parasit yang anti air dan minyak, sehingga sangat cocok dan sangat membantu dalam menjaga karpet sajadah maupun lantai masjid dari kemungkinan tumpahan makanan.

Dengan adanya produk terbaru kami ini, semoga rasa kebersamaan bisa lebih ditingkatkan dengan berbuka puasa bersama secara berhadap-hadapan, dan DKM bisa lebih mudah dalam menjaga kebersihan masjid selama bulan Ramadhan.

Bismillah, mari menyambut Ramadhan tahun ini dengan lebih semangat agar ibadah bisa menjadi lebih berkah.

*disclaimer, foto berasal dari sumber berbagai sumber.

Please follow and like us:

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/alas-makan-berbuka">
INSTAGRAM