Cara Membersihkan Karpet Sajadah Masjid yang Benar

Pusat Karpet Masjid Gorontalo

Karpet sajadah masjid dari segi fungsi memang sangat krusial, selain sebagai ibadah, karpet juga mampu menambah nilai estetika masjid. Apalagi jika motifnya klasik dengan warna-warna elegan dan material yang tebal, empuk dan adem. Siapa saja pasti akan lebih merasa nyaman jika beribadah maupun berada di dalamnya. Karpet yang berkualitas akan tahan hingga belasan bahkan puluhan tahun lamanya, asal dengan penggunaan sewajarnya, perawatan dan cara mencuci yang benar.

Jangan anggap remeh cara merawat dan mencuci karpet sajadah masjid. Karena cara yang salah akan membuat karpet sajadah masjid anda mudah lepas dan tipis helai benangnya, serta mudah luntur warnanya. Lalu, bagaimana ya, cara mencuci dan membersihkan karpet sajadah masjid yang benar? Yuk, simak tipsnya berikut ini:

Untuk noda dari debu, bersihkan karpet permadani selalu dari debu dan kotoran secara berkala menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu secara teratur. Karena dengan alat ini karpet permadani Anda akan terbebas dari kotoran dan kemungkinan hewan-hewan kecil seperti kuman maupun kutu busuk untuk bersarang. Misalnya setelah digunakan, bersihkan dulu karpet Anda sebelum digulung dan disimpan.

Selanjutnya, untuk noda kopi, jus atau minuman lainnya, jangan panik dan takut noda akan membekas. Selalu ingat untuk menekan daerah atau titik tertentu yang terkena nodanya saja, jangan dilap merata, karena noda tumpahan akan semakin menyebar. Segera tekan bagian yang terkena noda dengan menggunakan lap basah agar noda tersebut perlahan lahan terserap, lalu peras dan ulangi hingga bersih. Hal ini terbukti efektif dalam mengangkat noda dan membuat tumpahan cepat kering. Baru kemudian bisa dikeringkan dengan hair dryer.

Untuk mengatasi tumpahan makanan seperti bubur, atau makanan lain, susah tidak? Hal ini juga tak jarang terjadi meski sudah sebisa mungkin dihindari. Usahakan langsung dibersihkan dengan mengambil makanan yang tumpah menggunakan sendok atau pisau tumpul. Jika tumpahan makanan sudah dibersihkan, segera bersihkan bekas noda dengan menekan area yang ternoda dengan lap basah hingga bersih. Tambahkan air dan deterjen bila diperlukan, lalu bisa menggunakan vacuum cleaner secara berulang hingga kering.

Karpet sajadah turkey tebal polos merah termurah Gorontalo

Bagaimana menangani karpet yang basah? Apabila karpet permadani Anda terkena air sampai basah maka cara menanganinya adalah menghamparkannya pada permukaan bidang miring yang banyak akan hembusan angin agar air dapat lebih cepat hilang. Hindarkan terkena sinar matahari langsung apabila Anda menginginkan warna karpet permadani Anda tetap awet. Upayakan sesegera mungkin kering karena apabila karpet tidak langsung kering dalam sehari maka ada kemungkinan karpet permadani Anda akan timbul bau apek.

Terakhir, bila mungkin karpet Anda sudah tidak digunakan ingin disimpan maka bersihkan dulu menggunakan vacuum cleaner lalu gulunglah secara terbalik (gambarnya didalam) agar terhindar dari debu. Simpanlah karpet permadani di tempat yang sejuk. Hindarkan menyimpan karpet di tempat yang gelap karena dapat menimbulkan jamur pada karpet permadani Anda.

Demikian beberapa tips dalam membersihkan karpet anda. Tidak susah, jika mau mecoba dan tau caranya. Intinya, bersihkan karpet secara rutin dengan penyedot debu dan langsung bersihkan jika tertumpah makanan atau minuman. Karena jika tidak, noda tumpahan akan mengendap, kering dan akan sangat susah untuk dihilangkan.

Selalu pastikan agar menghindari terkena sinar matahari langsung dan juga jauhkan karpet dari rokok. Demikian tips-tips merawat karpet sajadah masjid oleh Picasso Rugs and Carpets. Semoga bermanfaat dan ingat selalu untuk memastikan kebutuhan karpet sajadah masjid anda hanya kepada kami. 🙂

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/cara-membersihkan-karpet-sajadah-masjid-yang-benar/">
INSTAGRAM