Ini Dia Cara Mudah Membersihkan Karpet Masjid Jelang Ramadhan

Ini Dia Cara Mudah Membersihkan Karpet Masjid Jelang Ramadhan

Tidak terasa kini kita sudah mulai memasuki pertengahan tahun 2017, itu tandanya bulan yang selalu dirindukan oleh umat muslim di dunia sebentar lagi akan tiba. Bulan ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan berkah, pada bulan ini semua orang berlomba-lomba untuk berbuat amal kebaikan yang lebih baik lagi daripada hari biasanya.

Untuk menyambut bulan yang penuh berkah ini biasanya kita melakukan persiapan, seperti membersihkan halaman dan merenovasi rumah agar terlihat lebih rapi. Selain itu tidak lupa juga kita biasanya selalu bergotong royong untuk membersihkan lingkungan di dalam masjid ataupun halamannya. Berbeda dengan rumah hunian, untuk membersihkan halaman masjid dan segala perabotannya alangkah lebih baiknya jika dikerjakan bersama-sama. Selain lebih cepat selesai, kebersamaan ini sekaligus berfungsi untuk menjaga silaturahmi.

Hal yang paling wajib dibersihkan adalah karpet masjid, karena ini merupakan perabotan yang paling susah untuk dibersihkan jika kita tidak tahu caranya. Mengingat ketebalannya yang berujung pada beratnya karpet tersebut hingga banyaknya shaf karpet tergantung dengan luas ruang masjid.

Caranya sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan siapa saja apalagi dilakukan dengan budaya gotong royong yang hanya ada di Indonesia.

Berbicara masalah membersihkan karpet masjid disini kami akan memberikan cara yang simple dan mudah untuk dilakukan bersama, inilah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membersihkan karpet masjid menjelang ramadhan

  • Pilih waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk membersihkan karpet masjid ialah ketika waktu libur tiba, dengan bantuan banyak orang yang berlatar belakang berbeda dan tingkat kesibukan yang berbeda, biasanya hari libur inilah momen yang tepat untuk semua berkumpul dan membersihkan karpet masjid bersama-sama.

  • Lihat prakiraan cuaca

Faktor agar karpet masjid cepat kering adalah cuaca, untuk bisa mempekirakan cuaca yang cerah bisa dengan melihat ramalan perkiraan cuaca dari BMKG ataupun mengecek langsung di pagi hari. Apabila cuaca di pagi hari cerah maka intensitas terjadinya hujan akan kecil dan ini adalah waktu yang tepat yang bisa kita lakukan untuk mencuci karpet masjid.

  • Gunakan air sabun dan sikatlah

Untuk mencuci karpet masjid sebaiknya kita gunakan air bersih yang langsung bisa kita dapatkan dari air PDAM dengan cara menyemprotkannya keseluruh bagian karpet yang ada, setelah itu kita sikat dengan air sabun serta rendam sebentar dengan pewangi agar bau yang dihasilkan setelah kering akan berbau harum.

  • Gunakan Jasa Laundry

Jika anda tidak yakin dengan produk deterjen apa yang harus digunakan dan bagaimana cara membersihkan tanpa merusak karpet, hal yang bisa dilakukan sebagai alternatifnya adalah dengan  membawa karpet masjid tersebut ke jasa laundry terpercaya. Jangan lupa juga siapkan anggaran lebih untuk hal ini.

Bagaimana? Sudah siapkah anda menyambut ramadhan? Silakan tambahkan di kolom komentar jika anda memiliki tips lain, ya. Semoga bermanfaat.

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/ini-dia-cara-mudah-membersihkan-karpet-masjid-jelang-ramadhan/">
INSTAGRAM