Jangan Remehkan! Arah Shaf Tak Sama Bisa Mengganggu Konsentrasi Saat Sholat

Jangan Remehkan! Arah Shaf Tak Sama Bisa Mengganggu Konsentrasi Saat Sholat

Bagi umat muslim, sholat berjamaah di masjid tentulah memiliki nilai lebih dibandingkan sholat sendiri di rumah. Dan kita pun pasti sering mendengar bahwa shaf dalam sholat hendaklah lurus dan rapat. Hal ini sebelumnya juga sudah pernah kami bahas pada artikel “Merapatkan dan Meluruskan Shaf, Bagian Kesempurnaan Sholat” (baca selengkapnya, klik di sini)

Tak sedikit pula hadist yang menyebutkan tentang pentingnya merapatkan dan meluruskan shaf, seperti sabda Rasulullah:

“Luruskanlah shaf-shaf kalian, karena meluruskan shaf termasuk kesempurnaan sholat” (HR. Al Bukhori, dalam Fathul Bari’ 723)”

Lalu, bagaimana cara meluruskan dan merapatkan shaf? Yakni dengan meluruskan dan menyamakan pijakan kaki, bahu antar bahu satu sama lain rapat, tidak ada jarak.

Hal ini bisa dibantu dengan memilih karpet masjid yang memiliki desain dan motif khusus di bagian border sehingga bisa dijadikan pijakan kaki agar shaf bisa lebih lurus. Selain itu, sebaiknya memilih motif polos minimalis, yang akan membantu merapatkan shaf.

Namun dalam prakteknya, karpet masjid yang sering digunakan dan beredar di pasaran memiliki motif kotak-kotak dengan panjang per roll yang sudah standart dan kadang menyulitkan untuk dikustomisasi sesuai kondisi ruang masjid.

Salah satunya seperti foto di musholla klien kami di bawah ini:

Jangan Remehkan! Arah Shaf Tak Sama Bisa Mengganggu Konsentrasi Saat SholatTampak arah shaf karpet masjid tidak sama, dan pengurus musholla sepertinya kesulitan dalam memotong dan menyesuaikan dengan konsidi ruangan, sehingga terpaksa sisa lantai yang belum terpasang karpet dihamparkan sajadah dengan arah vertikal yang tidak sama dengan arah shaf lain.

Jika sudah begini, selain tak sedap dipandang, jamaah tentu akan kesulitan meluruskan dan merapatkan shafnya. Belum lagi dengan bentuk motif yang “ramai” membuatnya semakin terlihat “sesak”, bukan tidak mungkin akan sangat mengganggu konsentrasi saat sholat.

Untuk itulah, kami hadir dengan mengusung konsep karpet masjid “polos minimalis” dengan desain yang simple dan motif di bagian border sebagai pijakan kaki agar shaf bisa lebih lurus dan rapat. Motif yang polos juga kami pilih agar memudahkan proses isntalasi jika terdapat kendala seperti banyak sudut sulit, arah kiblat serong, banyak pilar, dan kendala lain yang memungkinkan karpet untuk dipotong menyeseuaikan kondisi masjid. Tak hanya menjual, kami pun juga melayani pemasangan karpet masjid hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Contoh karpet masjid kami terpasang dengan shaf yang lebih rapat dan lurus:

Jangan Remehkan! Arah Shaf Tak Sama Bisa Mengganggu Konsentrasi Saat Sholat.

Nah, masihkah anda mengesampingkan perihal merapatkan dan meluruskan shaf sesuai anjuran Rasulullah? Jangan dianggap remeh, seperti sabda Rasulullah:

“Benar-benarlah kalian meluruskan shaf-shaf kalian, atau Allah akan membuat berselilisih di antara wajah-wajah kalian.” HR AL bukhory no 717 Muslim no 127)

Keputusan di tangan anda!

Untuk info lengkap produk dan pelayanan pemasangan, bisa hubungi kami segera di 082281775999

Semoga bermanfaat

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/jangan-remehkan-arah-shaf-tak-sama-bisa-mengganggu-konsentrasi-saat-sholat/">
INSTAGRAM