Jangan Sampai Tertipu! Simak Tips Ini Sebelum Anda Berbelanja Online

Di abad ke 21 ini, kemajuan pengetahuan di beberapa bidang sudah semakin berkembang. Dalam dunia pedagangan pun, tak luput dari perubahan kemajuan yang semakin pesat. Mungkin beberapa orang terkendala oleh jarak yang jauh dan tak ingin bepergian lintas kota, lintas pulau, bahkan lintas negara untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Bahkan, kadang satu kota pun, akses menuju gerai yang menyediakan barang yang diinginkan agak susah diraih. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain kota besar yang memiliki arus kendaraan terlalu padat dan hampir selalu macet, terlalu banyaknya pilihan dan toko sehingga membuat anda bingung dan terlalu lelah untuk mengunjungi satu-persatu tempat tersebut, serta berbagai hal lainnya.

Untuk itulah, jasa online shop dewasa ini terlihat begitu menggiurkan. Karena pembeli tak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk mendapatkan apa yag diinginkan. Cukup dengan duduk santai, mainkan kursor atau ponsel pintar, klik-klik-klik, dan barang segera dikirim. Namun, segala kemudahan yang ditawarkan dalam berbelanja online tak berarti tanpa risiko.

Tak jarang pembeli dibuat kecewa dalam berbelanja online, selain risiko uang melayang dan barang tak sampai tujuan sebagai konsekuensi terbesarnya, pembeli juga kadang harus mengalami patah hati saat tau bahwa barang “real” yang sampai tak sesuai dengan barang yang ada di gambar. Seiring dengan boomingnya online shop, banyak pihak-pihak nakal yang memanfaatkan keadaan dengan membuat online shop abal-abal, menipu pembeli dan kemudian hilang jejak tanpa bisa dilacak.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan dalam berbelanja online, ada beberapa step yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mempercayai kemudian mentransfer uang anda ke rekening yang tercantum di situs tersebut.

Gunakan computer pribadi

Pertama, usahakan untuk menggunakan computer pribadi saat berbelanja, jangan computer umum. Hal ini untuk menghindari pihak tak bertanggung jawab dalam melacak dan bisa saja meretas akun anda untuk hal yang tak diinginkan.

Situs Web, social media dan testimoni

Kemudian, pastikan alamat web yang digunakan merupakan situs resmi, atau jika anda berbelanja di akun bisnis social media seperti facebook, twitter maupun instagram, cek dengan teliti, apakah benar-benar terpercaya. Pastikan juga, di situs dan sosiam media tersebut terdapat ulasan dari para pelanggan yang sebelumnya telah berbelanja di sana yang disertai dengan foto langsung dari barang, karena komentar konsumen yang telah melakukan transaksi disertai bukti gambar, akan membuktikan kualitas produk dan pelayanan online shop tersebut.

Alamat dan nomer telepon

Selanjutnya, cek apakah situs tersebut memiliki toko atau alamat resmi dan nomer telepon yang bisa dihubungi. Tak jarang toko online  juga memiliki toko offline resmi, namun jika tidak ada, setidaknya anda tahu darimana si penjual berasal, dan darimana barang dikirim. Kalau bisa, pilih toko online yang memiliki alamat kios resmi.  Mereka memasarkan secara online meski telah mempunyai alamat resmi selain untuk memasarkan dagangan lebih luas, juga untuk memudahkan melayani pelanggan yang tak punya waktu berbelanja langsung.

Cek Resi

Jika telah yakin dengan barang yang ingin dibeli, tanyakan kebijakan yang disediakan oleh situs tersebut. Tentang metode transfer, pengembalian uang jika barang tak sampai, dsb. Pastikan penjual bersedia mengirim bukti pengiriman atau resi. Hal ini untuk memudahkan anda memantau secara langsung sudah sejauh mana status perkembanagan pesanan anda.

Perlu waspada dengan harga, jangan mudah tergiur dan terpengaruh dengan harga murah, karena biasanya embel-embel harga murah mudah memancing ketertarikan untu membeli. Alih-alih murah dan berkualitas, bisa saja barang yang diincar tidak sebagus yang diinginkan, bahkan bisa saja barang tak dikirim tapi uang sudah terlanjur melayang.

Intinya, telitilah sebelum membeli. Tak berarti semua online shop itu buruk dan harus dihindari.  Tak perlu takut berbelanja online. Jadilah pelanggan yang cerdas, perkaya informasi dan perkembangan terkini mengenai toko online yang menjual barang incaran anda sebelum bertransaksi.

Semoga tips di atas bermanfaat. Happy online shopping!

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/jangan-sampai-tertipu-simak-tips-ini-sebelum-anda-berbelanja-online/">
INSTAGRAM