Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Bersedekah Bagi Kehidupan

sedekah-1

“Senyummu pada saudaramu adalah sedekah.” (HT Tirmidzi)

Salah satu bukti ketaqwaan seorang muslim kepada Allah SWT adalah dengan bersedekah. Sedekah sering dikaitkan dengan menyisihkan sebagian harta untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Sedekah juga bisa diartikan dengan perbuatan non materi seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikiran, memberi nafkah keluarga, mengajarkan ilmu bahkan sekedar senyum pun tergolong sebagai ibadah. Diperlukan panggilan hati untuk melakukan hal ini, sebbab bersedekah tidak bisa dipaksakan dan harus ikhlas dalam melakukannya.

Manfaat bersedekah amat banyak bagi yang melakukannya, berikut 5 di antaranya:

  1. Penghapus dosa

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Ankabut: 7

“ Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.”

Rasulullah bersabda:

“Bersedekahlah kalian meskipun hanya sebiji kurma, sebab sedekah mampu memenuhi kebutuhan orang yang keaparan dan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api.” (HR Ahmad)

  1. Bertambah rezeki

Tidak perlu khawatir menjadi kekurangan untuk bersedekah, Rasulullah bersabda:

“Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR Baihaqi)

Dalam hadist lain juga disebutkan:

“ Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun, salah satunya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’, sedang (malaikat) yang lainnya berkata ‘Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya). (HR Bukhari dan Muslim)

  1. Menolak Bala

Jika memulai pagi hari dengan sedekah, inysaAllah sepanjang hari semoga diberikan keberkahan dan keselamatan dan dijauhkan dari bencana. Rasulullah bersabda:

“Bersegeralah untuk bersedekah sebab yang namanya bala tidak akan pernah mendahului sedekah.”

  1. Mendapat naungan di hari kiamat

Nabi Muhammad bersabda:

“Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR Ahmad)

Nabi juga pernah menyebutkan  bahwa ujuh hal yang akan menjadi paying yang menaungi pada hari kiamat antara lain seseorang bersedekah secara rahasia sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya. (HR Muslim)

  1. Disediakan surga

Hal ini seperti disebutkan dalam Al-Qur’an

“dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabb-mu dan kepada surge yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu orang-orang yang menginfakkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 133-134)

 

Sumber: http://bit.ly/2lqMQLo, http://bit.ly/2koZuum, http://bit.ly/2k5v7gn,

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/luar-biasa-inilah-5-manfaat-bersedekah-bagi-kehidupan/">
INSTAGRAM