Luar Biasa Ternyata Ini Manfaat Sholat Subuh Yang Sebenarnya!

Masjid Al Muhajirin Puri Surya Jaya , Gedangan – Sidoarjo

Sholat subuh adalah salah satu dari lima sholat wajib  yang dilakukan 2 rakaat saat fajar hingga menjelang pagi. Sholat subuh sendiri sangat dianjurkan dilakukan, bahkan dalam adzan pun, khusus sholat subuh ada penambahan kalimat “ash shalaatu khairun minan naum” tang artinya “sholat adalah lebih baik daripada tidur”.

Keistimewaan sholat subuh pun tersirat dalam beberapa hadist:

“Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (waktu is’ya dan subuh) menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat” (HR Tirmidzi dan bnu Majah)

Selain itu, sholat subuh juga memiliki manfaat yang luar biasa antara lain:

  • Melapangkan Rezeki

Pernah suatu ketika, Nabi Muhammad sholat subuh berjamaah, saat selesai dan kembali ke rumah, beliau mendapati putrinya, Fatimah sedang tidur. Kemudian belia berkata, hai Fatimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabbmu, karena Allah  SWT membagi-bagikan rezeki pada hamba-Nya antara sholat subuh dan terbitnya matahari. Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Qur’an:

“Barang siapa melaksanakan yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberikannya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.” QS At-Thalaq: 2-3

  • Mendapatkan Jaminan Allah

Hal ini seperti diriwayatkan dalam hadist:

“Barangsiapa yang sholat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu, jangan sampai Allag menuntur sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelengkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam” (HR Muslim)

  • Penyebab Masuk Surga

Nabi Muhamad juga bersabda:

“Barang siapa yang mengerjakan sholat bardain akan masuk surga.” (HR BUkhari)

  • Penyelamat dari Api Neraka

“tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.” (HR Muslim)

  • Sumber cahaya di hari kiamat

Pada hari kiamat, manusia dibangkitkan dalam kegelapan dan mereka membutuhkan cahaya untuk menerangi kegelapan itu. Rasulullah bersabda, jika ada cahaya di kegelapan saat hari kiamat kelak, maka itu sumbernya dari sholat subuh.

  • Merupakan suatu syahadah (kesaksian bukti) bagi yang konsisten menjaganya

Rasulullah bersabda:

“Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat malam dan mereka berkumpul pada waktu sholat subuh dan ashar setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit, lalu Allah bertanya dan dia lebih tahu dari mereka, bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku, mereka menjawab kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat dan kami datang  kepada mereka dalam sholat.”

  • Sholat subuh lebih baik dari seluruh dunia dan isinya

“Dua rakaat (sebelum) fajar (sholat subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya” (HR Muslim dan Tirmidzi)

 

Sumber: http://bit.ly/2kwlFQk, http://bit.ly/2kIdylY, http://bit.ly/2kbqCwY, http://bit.ly/2kgYxqr, http://bit.ly/2l8NPUK

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/luar-biasa-ternyata-ini-manfaat-sholat-subuh-yang-sebenarnya/">
INSTAGRAM