Bagi Anda yang berada di luar kota maupun luar pulau yang menginginkan karpet sajadah terpasang sempurna sesuai bentuk dan lekuk ruang masjid, setting by layout adalah cara yang sangat kami rekomendasikan dalam berbelanja karpet sajadah pada kami untuk menghemat biaya operasional hingga 95%.

Selain lebih hemat dalam segi biaya, waktu dan tenaga, setting by layout kami memiliki tingkat akurasi yang tinggi karena dikerjakan langsung oleh tim teknisi ahli dibuat berdasarkan acuan layout yang diterima.

Namun dalam prakteknya, tak jarang klien agak kesulitan dalam mengukur maupun membuat layout dan cenderung ragu dengan hasil layout yang sudah dibuat.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam membuat layout tersebut, ada cara yang lebih ‘aman’ untuk dilakukan yakni dengan membuat replika ruangan menggunakan metode menjiplak atau biasa kami sebut dengan ‘nge-mal’ ruangan.

Nge-mal ruangan bisa menggunakan terpal atau plastik parasit.

Berikut simulasi yang kami lakukan untuk tutorial lebih lengkapnya

  1. Buat simulasi dengan terpal atau plastik parasit

Siapkan terpal atau plastik parasit, gelar sesuai bentuk ruangan. Dalam hal ini, tidak perlu menggelar terpal full menutup seluruh lantai ruangan. Bisa dengan menutup bagian sisinya saja untuk ruangan yang simetris, atau untuk sudut-sudut sulit seperti coakan tiang dan coakan pintu. Nge-mal full seluruh ruangan memang lebih mudah karena nantinya kami hanya akan meniru hasil mal tersebut, namun bagian tengah jika tak ada pilar maupun halangan lain, bisa dikosongkan. Yang terpenting, poin dari nge-mal adalah bentuk ruangan sudah jelas dan konsep ruangan (simetris, asimetris, arah kiblat, pilar, sudut sulit) bisa tersampaikan dengan baik sehingga hasil akhir bisa lebih akurat.

  1. Tulis bagian dan ukuran dengan jelas

Setelah terpal digelar dengan baik, ukur sisi panjang dan lebarnya. Tandai tiap sisi, bagian kanan-kiri-atas-bawah beserta ukuran panjang maupun lebar tiap sisi tersebut dengan jelas dan terbaca (tidak terlalu kecil) dengan spidol permanent marker. Sangat tidak kami rekomendasikan spidol boardmarker karena tulisan bisa saja terhapus sehingga tidak jelas mana sisi kanan maupun kirinya. Hal ini tidak boleh diremehkan, sebab keliru memposisikan bagian kiri dan kanan bisa berakibat fatal.

  1. Tulis arah kiblat

Untuk arah kiblat, siapkan terpal berukuran 120 cm (sebab ukuran standar karpet sajadah kami 120 cm) dan bentangkan di atas mal-malan karpet tadi dari sisi kiri ke kanan lalu beri garis di sisi batas terpal tersebut dan tulis kata ‘KIBLAT’ di antaranya. Cara ini terbilang lebih mudah dan praktis.

  1. Sambung tiap sisi dengan lakban

Setelah ruangan di mall dari tahap 1,2 dan 3 di atas, rekatkan tiap sisi dengan lakban atau selotip agar posisi terpal tersebut tetap utuh saat dikirim sehingga kami tak perlu merangkai ulang bagian-bagiannya dan tinggal  membentangkannya saja.

  1. Buat layout

Buat layout atau gambarnya sesuai dengan hasil mal yang sudah dibuat agar tingkat akurasi menjadi lebih sempurna. Sehingga saat sampai, layout ini bisa jadi pembanding dengan hasil mal sebelum kami mulai mengeksekusi karpet sajadahnya.

  1. Siap kirim

Lipat hasil mal dengan rapi dan kirim ke alamat kami untuk kemudian kami setting sesuai dengan acuan mal tersebut. Untuk layout, bisa dikirim via pesan instan whatsapp agar lebih mudah. Dan selesai!

Anda tinggal menunggu hasil settingan kami berdasarkan hasil mal dan layout yang telah anda kirim. Dengan cara ini, anda bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya operasional hingga 95%.

Ingin tahu bagaimana kami melakukan setting by layout selengkapnya? Klik di sini.

Semoga tutorial ini membantu dan bermanfaat bagi semua.

 

Please follow and like us:
×
Assalamualaikum, team KarpetPersia disini. Apakah ada yang bisa kami bantu ?

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/masjid">
INSTAGRAM