Proyek pesanan untuk Masjid Agung Baiturrahim, Desa Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur ini datang hampir bersamaan dengan Proyek Setting Masjid Baitussalam Ketapang – Kalimantan. Sehingga pengerjaan dan pengiriman juga dilakukan di waktu yang berdekatan. Setelah rampung setting by layout untuk Masjid Baitussalam Ketapang, kami lalu mengerjakan proyek setting by layout Masjid Agung Baiturrahim Kutai Barat.

Sempat ingin memilih karpet sajadah B+ Minimalis Merah seperti karpet sajadah kami yang telah terpasang di Islamic Center Melak Kutai Barat, namun klien kami akhirnya memutuskan untuk memilih karpet sajadah Turkey B+ Premium hijau dengan tebal 14mm.

Simulasi dilakulan dengan mal-malan pada terpal/plastik iftar untuk memudahkan proses cutting sekaligus memastikan ukurannya lebih akurat. Pembelian secara bertahap dengan tahap pertama sebanyak 90m dan dilakukan dengan opsi setting by layout, terbukti lebih efisien. Lebih hemat anggaran operasional, waktu dan tenaga. Hasil yang diperoleh insyaAllah memiliki tingkat akurasi hingga 99%.

Untuk proyek ini, klien memutuskan untuk pembelian karpet sajadah dilakukan secara bertahap. Dengan mengisi 3 shaff terdepan sebanyak 90 meter terlebih dahulu. Karpet sajadah terbagi menjadi 3 shaff dengan arah kiblat lurus dan terdapat pilar di bagian shaff ketiga.

Untuk meminimalisir kesalahan dan untuk mempertinggi tingkat akurasi, klien kami sarankan untuk mengirimkan mal-malan ‘hanya’ pada shaff ketiga dimana terdapat pilar. Sebab di shaff pertama dan kedua bisa disetting langsung dengan memotong karpet sesuai lebar ruangan saja.

Proses ngemal atau menjiplak dilakukan dengan media terpal putih, bagian setengah lingkaran dipotong menyesuaikan bentuk pilar asli dan sempat difoto oleh klien sebelum hasil mal tersebut dikirim ke kantor kami.

Ketiga shaff ini memiliki lebar sama yakni 29,83 meter yang masing-masing shaff tersebut dijadikan tiga lembar pershaffnya dengan pertimbangan agar tidak terlalu berat saat diangkat dan digelar mengingat berat karpet sajadah mencapai hampir 4 kilogram per meternya.

Shaff pertama dan kedua dikerjakan terlebih dahulu dengan menyetting karpet sesuai lebar ruangan, selanjutnya, shaff ketiga dikerjakan dengan mal-malan yang telah kami terima.

Karpet sajadah digelar di ruangan lebar tanpa penghalang, kemudian, terpal hasil mal diletakkan di atasnya, coakan pilar ditandai dengan permanent marker untuk nantinya dipotong menyesuaikan coakan tersebut.

Terdapat setidaknya 6 pilar yang harus disetting sesuai mal. Setelah rampung menandai mal dengan spidol, karpet kemudian dipotong mengikuti lengkungan pilar sesuai hasil mal tadi, dikerjakan dengan teliti dan sangat hati-hati untuk hasil yang maksimal.

Rampung semua tahap setting, selanjutnya karpet sajadah dijahit rapi menggunakan mesin finishing khusus agar benang lebih kokoh dan tak mudah brodol.

Alhamdulillah, semua proses berjalan lancar. Karpet Turkey B+ Premium sebanyak 90 meter beres. Selanjutnya karpet akan dikemas dengan rapi dengan menggulung karpet tersebut agar saat sampai bentuk tetap mulus tanpa tertekuk. All done very well, pesanan lalu dikirim ke alamat tujuan.

Alhamdulillah, terima kasih atas kepercayaannya semoga menjadi berkah.

 

Berikut ini ringkasan percakapan kami dengan klien:

 

A : Klien
B : Picasso Carpets

A : Saya mau pesan karpet masjid, tapi masjidnya di Kalimantan, apakah bisa?
B : BISA

A : Apakah nanti tim Picasso Carpets bisa langsung datang ke lokasi di Kalimantan?
B : Jika masjid Anda besar dan membutuhkan karpet masjid dalam jumlah besar maka kami bisa mendatangkan langsung teknisi dan mesin khusus langsung ke masjid Anda. Tentunya hal ini diikuti dengan syarat dan ketentuan yang berlaku (semisal jumlah order, jumlah transaksi, kesepakatan biaya akomodasi teknisi, dll). Tim teknisi kami sudah biasa pemasangan langsung di Kalimantan, Makasar, Batam dan lain-lain (bisa disimak di Portofolio dan video pemasangan kami)

A : Jika kami order tidak dalam jumlah besar atau tidak memungkinkan untuk mendatangkan teknisi langsung, maka apakah masih bisa pesan ?
B : Sangat BISA. Anda bisa mengirimkan ukuran pasti atau layout ruangan (mal) masjid Anda. Tim kami akan menyeting karpet masjid di gudang kami berdasarkan layout (mal) yang Anda buat.

Berikut ini adalah video proses setting karpet masjid di gudang kami. Karpet ini untuk Masjid Agung Baiturrahim, Desa Barong Tongkok, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Dikerjakan secara bertahap sesuai acuan layout (mal) yang diterima. Gulungan karpet dengan panjang per shaff 29.83m dibagi menjadi 3 lembar dengan konsentrasi settingan pilar berbentuk lingkaran yang terdapat di dalamnya.

 

 

 

 

Masjid Agung Baiturrahim,

 

Please follow and like us:
×
Assalamualaikum, team KarpetPersia disini. Apakah ada yang bisa kami bantu ?

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/proyek-setting-by-layout-masjid-agung-baiturrahim-kutai-barat">
INSTAGRAM

You have Successfully Subscribed!