Seni Dalam Berbelanja Karpet Oriental

Seni dalam berbelanja karpet oriental

Karpet oriental memang salah satu masterpiece terbaik yang menjadi incaran banyak kalangan. Namun, berbanding lurus dengan ketenarannya, banyak juga yang menawarkan produk dengan kualitas tak sepadan. Beberapa hal berikut ini akan membantu anda dalam menikmati seni berbelanja karpet permadani. Ikuti ritmenya, nikmati seninya dan selamat berbelanja!

Dimana membelinya?

Negara-negara Persia seperti Iran, Turki dan Pakistan masih menjadi sumber paling produktif dan variatif dalam produksi karpet dunia. Dengan estetika yang paling menonjol dalam tiap motif-motifnya. Hal ini tak berarti bahwa negara lain seperti Afghanistan, India, Cina, Maroko dan negara penghasil karpet permadani memiliki kualitas lebih rendah, namun dari segi ketahanan negara Persia memang lebih unggul. Apalagi jika mengingat Afghanistan memiliki konflik politik yang menyebabkan ketidakstabilan ekonomi serta pengiriman barang yang terganggu. Kini anda tak perlu khawatir untuk jauh-jauh ke luar negeri untuk membeli karpet klasik, karena Picasso Rugs and Carpet juga memiliki koleksi karpet jenis ini yang kami impor langsung dari Turkey dengan kualitas Grade A yang mewah dan elegan.

Apa yang harus diketahui

Menurut Janice Herber di buku panduannya tentang membeli karpet oriental, ia menegaskan bahwa “Knowledge is Power”. Hal ini memang sangat krusial bagi siapapun untuk memperkaya pengetahuan tentang apa-apa saja di balik karpet oriental.

Jumlah simpul (titik kerapatan helai benang)

Karpet oriental memang identik dengan ciri khasnya yakni hand-made atau buatan tangan. Untuk mengetahuinya, bisa dengan melihat simpul atau titik kerapatan helai benangnya. Lazimnya, makin tebal dan empuk, maka titik rapatnya semakin padat. Meski begitu, dewasa ini karpet oriental machine-made pun tak kalah diburu, karena selain harganya yang lebih bersahabat, pilihan motifnyapun tidak kalah dan hampir menyamai karpet oriental hand-made. Jadi, tetap bisa membuat rumah terlihat lebih berkelas dengan tak bikin kantong jebol.

Warna

Tak jarang, banyak yang menggunakan pewarna buatan daripada pewarna alami dalal produk yang dijualnya. Hal ini bisa saja sangat mengganggu, karena pewarna buatan cenderung berbahan kimia yang berbahaya dan membuat kaki anda tak nyaman saat berjalan di atasnya, atau biasanya pewarna buatan cenderung lebih cepat pudar dan luntur.

Demikian sekilas ulasan kami tentang seni dalam berbelanja karpet oriental. Intinya, apapun jenis karpet yang ingin Anda beli entah itu karpet oriental maupun jenis lainnya, perkaya dahulu pengetahuan anda mengenai karpet agar tidak mudah ditipu atau tergiur rayuan dari para penjual nakal. Semoga poin-poin diatas dapat dijadikan sebagai panduan sebelum Anda membelinya

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/seni-dalam-berbelanja-karpet-oriental/">
INSTAGRAM