Serba-Serbi Karpet Sajadah Masjid

Sebuah masjid memang belum lengkap rasanya bila belum terhampar kapet sajadah didalamnya. Selain sebagai alas ibadah karpet sajadah masjid juga berfungsi sebagai pemanis interior ruangan. Coraknya yang beragam dan bervariasi memberikan banyak pilihan di sesuaikan dengan gaya interior masjid tersebut.

Karpet masjid yang paling terkenal adalah yang buatan Turki. Negara ini memang dikenal dunia sebagai penghasil karpet permadani terbaik. Tak terkecuali karpet sajadah masjid.

Warna karpet sajadah masjid yang paling populer adalah warna merah dan hijau, namun ada juga karpet sajadah masjid yang berwarna biru dan cream.

Adapun mengenai ukuran sajadah karpet masjid dulunya paling banyak dipasaran adalah karpet sajadah dengan ukuran 105cm dengan lebar 5,7 meter. Namun khusus untuk karpet sajadah masjid buatan Turki umumnya memiliki ukuran lebih besar, yaitu 120cm dengan lebar 6, 12, hingga 18 meter. Dari catatan saya selama menangani karpet sajadah masjid dan berkeliling langsung saat menemui klien di kebanyakan masjid saat ini memang mulai beralih ke karpet sajadah yang ukuran 120 dengan kualitas yang bagus. Alasannya seperti yang pernah saya tulis dulu adalah agar tidak ada regangan diantara shaff dan supaya lebih tahan lama.

Mengenai corak sajadah karpet mesjid secara garis besar terbagi menjadi dua macam, yaitu sajadah karpet corak polos dan petak. Sajadah karpet yang bercorak petak ini umumnya bergambar pilar dan lampu. Ini cocok buat masjid yang luas dan bergaya klasik.  Kesan mewahnya sangat kerasa. Salah satu master piece saya untuk project ini adalah sajadah karpet yang terpasang di Masjid Agung AL-AKBAR Surabaya. Design kami kerjakan khusus langsung dari Turki.

Karpet masjid, karpet sajadah masjid, sajadah karpet, karpet musholla, karpet mesjid
Karpet sajadah masjid motif pilar

Nah, bagi Anda yang menyukai gaya arsitektur modern minimalis motif polos ini bisa jadi acuhan. Karpet sajadah masjid yang motif ini umumnya hanya terdapat border pada bagian bawahnya sebagai pembatas shaff. Untuk masjid atau musholla di perkantoran dan perumahan umumnya gaya bangunannya sudah modern dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Dengan corak yang simple pandangan jadi lebih lapang sehingga memberi efek luas pada ruangan yang kecil.

Karpet masjid, karpet sajadah masjid, sajadah karpet, karpet musholla, karpet mesjid
Karpet sajadah masjid motif minimalis

Untuk ruang imamnya juga tak ketinggalan. Ada tersedia karpet sajadah khusus imam. Ukurannya 120cm x 80cm. Apabila ternyata ruang mihrabnya agak luas maka untuk mensiasatinya adalah menghamparkan permadani ukuran 170×120 atau 160×230 lalu karpet sajadah imam tersebut dihampar diatasnya. Tujuannya adalah memberi pembatas ilusi area imam agar orang tidak memijak dan berlalu-lalang disitu.

Bagi yang ingin melihat koleksinya silahkan KLIK DISINI

Namun kembali lagi, semua tergantung selera. Tidak ada pakem baku dalam memilih karpet sajadah masjid. Selama tujuan utamanya tetap terpenuhi, yaitu memberikan rasa nyaman bagi yang beribadah di dalamnya. (Agus Daisuke)

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/serba-serbi-karpet-sajadah-masjid/">
INSTAGRAM