Tips Menentukan Ukuran Karpet Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Tips Menentukan Ukuran Karpet Yang Tepat Untuk Rumah Anda layout

Memiliki karpet dengan desain dan ukuran yang sesuai  dengan ruangan, merupakan suatu hal yang amat diimpikan bagi sapa saja.  Tentu saja, karena keberadaannya mampu menambah kehangatan, kenyamanan, bisa menjadi alas yang ‘cozy’ di ruang keluarga saat menikmati waktu bersantai, belajar, menonton tv dsb, bisa menjadi inspirasi warna palet ruangan, mengembalikan suasana hati jadi baik kembali, serta dapat menjadi ajang representasi kepribadian ada.

Bagaimanapun itu,langkah pertama yang harus dilakukan utuk memilih karpet yag sesuai adalah menentukan berapa ‘ukurannya. Hal ini memang gampang-gampang susah, ada banyak faktor yang harus diperhatikan, seperti bentuk ruangan, apakah kaki-kaki meja dan furniture harus ditempatkan di atas karpetnya? Bagaimana dengan ruang tamu, ruang makan, kamar tidur? Bagaimana seharusnya memilih agar tidak terlalu besar dan terlalu kecil? Tenang, jangan panik. Panduan memilih karpet yag tepat berikut ini akan membantu anda.

  1. Tujuan

Kenali jenis kebutuhan karpet anda. Apakah bertujuan untuk membuat ruangan terlihat lebih solid dengan meyatukan perabotan-perabota agar tidak terkesan terpisah? Kalau iya, berarti yang ada butuhkan adalah karpet dengan ukuran yang besar. Elemen-elemen yang diletakkan di atas satu karpet akan memberikan tampilan yang mulus dan lebih ‘menyatu’. Apakah anda mencari karpet untuk ruang pribadi? Maka yang anda perlukan adalah karpet dengan ukuran kecil, seperti runner yang sangat pas untuk diletakkan di sisi ranjang anda, atau karpet kecil di ruang baca maupun ruang kerja.

  1. Bentuk Karpet

Menentuka betuk karpet sesuai dengan bentuk ruangan dan furniture juga tak bisa disepelekan. Seperti bentuk meja makan yang bundar, jodohnya ya karpet yang juga budar. Demikian juga sebagian besar ruangan seperti ruang tamu atau ruang keluarga akan terlihat alami dengan hadirnya karpet berbentuk persegi pajang

  1. Visualisasikan area yang akan dipasangi  karpet

Ada bisa meggunakan kertas wrap, tali, bahkan sprei untuk memvisualisasikan karpet sebelum membeli, jadi setidaknya akan ada gambaran mengenai bentuk dan ukuran yang menjadi bekal anda berbelanja.

  1. Menggambar Layout Ruangan

Salah satu cara klasik untuk mendapatkan karpet yang diinginkan adalah dengan menggambar replika ruangan beserta furniture yang ada di dalamnya dalam sebuah layout. Dari sini anda bisa menentukan ukuran dan bentuk yang pas sebelum memutuskan untuk membeli karpet yang diinginkan

Demikian tips dari Picasso Rugs and Carpets, semoga bermanfaat.

Photo credits: wayfair.com

 

Please follow and like us:

Leave Comment

Mari bergabung di social media kami

KarpetOrientalFacebook
KarpetOrientalFacebook
Agus Daisuke
Agus Daisuke
http://karpetpersia.com/tips-menentukan-ukuran-karpet-yang-tepat-untuk-rumah-anda/">
INSTAGRAM