Sholat Istikharah adalah sholat sunnah yang dikerjakan dengan tujuan meminnta petunjuk kepada Allah atas permasalahan yang dihadapi. Umumnya Sholat Istikharah dilakukan apabila memiliki beberapa pilihan dan merasa ragu untuk memutuskan dan memilih yang terbaik.

Sholat Istikharah bisa digunakan untuk menentukan pilihan yang terbaik dalam hal pemimpin pemerintahan, menentukan tempat belajar ataupun bekerja, dan bahkan untuk menentukan pendamping hidup. Hal itu dilakukan dalam rangka meminta petunjuk pada Allah, sehingga setelah melaksanakan sholat istikharah diharapkan mendapatkan kemantapan hati untuk memutuskan pilihan yang terbaik.

Sholat Istikharah dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat dengan enam kali salam. Ketika melaksanakan Sholat Istikharah, disunnahkan membaca surat Al-kafirun pada rakaat pertama.

Tentunya surat Al-kafirun tersebut dibaca setelah membaca Surat Al-Fatihah, karena memang surat Al-fatihah merupakan salah satu rukun sholat, baik sholat wajib maupun sholat sunnah. Sedangkan pada rakaat kedua, setelah membaca Fatihah, maka disunnahkan membaca surat Al-Ikhlas.

Selain dapat digunakan untuk memantapkan hati dalam memutuskan pilihan, sholat istikharah pun memiliki beberapa keutamaan lainnya. Berikut 8 keutamaan sholat istikharah yang patut untuk diketahui:

  1. Mendapatkan Solusi yang terbaik

Dewasa ini banyak sekali yang terjangkit penyakit galau. Terutama generasi muda yang sedang kasmaran. Banyak dari generasi milenial yang bingung dalam mengatasi permasalahan, sehingga munculah kegalauan dan keresahan. Tak jarang para remaja mencari-cari teman untuk berkonsultasi dan menjadi tempat untuk curhat. Sebenarnya bukanlah menjadi masalah jika memiliki teman untuk curhat dan konsultasi tentang suatu masalah. Asalkan berkonsultasi dengan orang yang tepat dan solusi yang diberikan pun tepat. Akan tetapi alangkah lebih baiknya jika berkonsultasi dan meminta solusi pada Dzat yang Maha memberi ketenangan hati. Karena jika meminta petunjuk dan jalan keluar  kepada Allah, maka sudah dipastikan petunjuk tersebut adalah solusi yang terbaik. Dan Allah pastinya lebih tau apa yang terbaik bagi hamba Nya. Lalu bagaimana cara meminta solusi pada Allah atas masalah yang dihadapi. Caranya adalah dengan melaksanakan Sholat Istikharah.  Hal tersebut sesuai dengan Firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 45:

الْخَاشِعِينَ عَلَى إِلَّا لَكَبِيرَةٌ ا وَإِنَّهَ . وَالصَّلَاةِ بِالصَّبْرِ وَاسْتَعِينُوا

Artinya: dan meminta tolonglah kamu sekalian dengan sabar dan sholat, sesunggunya itu sulit kecuali bagi orang-orang yang khusu’ (QS. Al- Baqarah:45)

Dalam tafsir Al-Muyassar (kementrian Agama Saudi Arabiah), ayat tersebut mengandung makna agar haanya meminta pertolongan kepada Allah dalam menghadapi segala permasalahan, baik yang berkaitan dengan agama maupun yang berkaitan dengan masalah dunia. Yaitu dengan cara bersabar dan mengerjakan sholat, baik sholat fardhu maupun sholat Sunnah (Istikharah). Karena hal tersebut menjadi sarana menghubungkan diri kepada Allah SWT. Sehingga Allah akan menolong dan memberi jalan keluar atas permasalahan yang mendera..

  1. Menenangkan hati

Allah berfirman dalam surat Al-Ra’du ayat 28:

Maka hanya dengan mengingat Allah hati mu akan menjadi tentram (QS. Al-Ra’du:28)

Berdasarkan ayat diatas, menunjukkan bahwa obat yang paling ampuh untuk menenangkan hati adalah dengan memperbanyak mengingat Allah. Sholat sunnah termasuk Sholat istikharah merupakan salah satu cara untuk mengngat Allah. Dengan melaksanakan sholat istikharah ketika hati sedang gundah, Insya Allah dapat menjadi obat penenang bagi hati dan pikiran orang yang melaksanakannya.

 

  1. Menjadikan Tawakkal

Bukan hanya dapat menenangkan hati, sholat istikharah juga mampu membuat seseorang semakin bertawakkal kepada Allah. Mengapa demikian? Ketika melaksanakan Sholat Istikharah, pastinnya kesiapan menerima menerima segala hasil yang  nantinya ditunjukkan oleh Allah SWT adalah menjadi hal yang mutlak. pasrah dan  yakin bahwa apapun hasilnya nanti adalah jawaban yang terbaik dari Allah Ta’ala merupakan kunci utama. Itulah esensi dari tawakkal, yaitu Ketika seseorang pasrah dan hanya yakin pada Allah SWT.

Allah berfirman dalam surat At-Taubah ayat 51:

“Sekali-kali tidak akan menimpa kami kecuali apa yang telah ditetapkan oleh Allah kepada kami. Dan hanya kepada Allah lah orang-orang yang beriman harus bertawakkal(QS. At-taubah:51)

  1. Menguatkan Tekad

Setelah melaksanakan sholat istikharah, maka tekad untuk memutuskan pilihan akan semakin kuat. Hal itu karena sudah tidak ada keraguan lagi dalam hati seseorang karena sudah pasrah dan yakin atas kepustusan dan jawaban yang diberikan oleh Allah. Tentunya kemantapan hati tersebut akan muncul ketika melaksanakan sholat istikharah dengan benar. Selain melaksanakan sholat istikharah dengan benar, sholat istikharah juga harus dilaksanakan sesering mungkin. Sehingga ketika mengalami kebingungan ataupun pemasalahan, maka solusi yang diberikan Allah dapat muncul sewaktu-waktu kapan pun dan dimanapun, bukan hanya ketika selesai melaksanakan sholat istikharah saja.

  1. Terhindar dari bisikan setan

Setan adalah musuh yang nyata bagi manusia. Setan selalu berusaha menjerumuskan manusia kedalam lembah dosa dan kemaksiatan. Allah SWT berfirmman dalam surat An-nas:

“katakanlah (wahai Muhammad), aku berlindung kepada Tuhan dari  yang menguasai manusia. Yang merajai manusia.  (aku berlindung) dari bisikan setan yang senantiasa bersembunyi” (QS. An-nas:1-3)

Dari ayat diatas jelas disebutkan bahwa setan selalu membisiki manusia untuk berbuat kemaksiatan. Terutama ketika manusia sedang gelisah ataupun bingung menghadapi sebuah masalah. Maka setan akan sangat mudah membisiki manusia.

Dengan mengerjakan sholat istikharah, diharapkan dapat terhindar dari bisikan setan. Hal itu dikarenakan sholat istikharah bisa menjadi salah satu sarana berdzikir kepada Allah SWT.

  1. Dipermudah dalam memutuskan sesuatu

Dengan mengerjakan Sholat Istikharah, maka akan diberi kemudahan oleh Allah dalam memutuskan sesuatu. Hal tersebut sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW:

Dari  Jabir bin Abdullah R.A berkata: “dahulu Rasululah SAW pernah mengajarkan kepada kami Istikharah dalam memutuskan segala sesuatu (sebagaimana mengajari kami) surat dalam Al-Quran. Beliau berkata: apabila salah seorang diantara kalian hendak melakukan sesuatu (yang membingungkan), maka hendaklah melakukan shalat Sunnah (Istikharah) dua rakaat. ( HR. Al-Bukhari no: 1162)

  1. Mengajarkan Ikhlas karena Allah

Setelah mengerjakan sholat istikharah dan Allah telah memberikan jawaban. Tekadang jawaban tersebut tidak sesuai dengan keinginan dan harapan Sebagai contoh ketika melaksanakan sholat istikharah untuk menentukan pendamping hidup. Terkadang petunjuk yang diberikan Allah ternyata tidak sesuai dengan pilihan hati. Apapun petunjuk dan jawaban yang diberikan oleh Allah haruslah diterima dengan ikhlas. Meskipun tidak sejalan dengan isi hati dan harapan. Akan tetapi Allah lah yang maha mengetahui yang terbaik bagi manusia. Terkadang apa yang terlihat baik belum tentu baik bagi Allah, dan apa yang terlihat buruk belum tentu buruk bagi Allah. Itulah yang dimaksud Shalat Istikharah dapat mengajarkan keikhlasan karena Allah.

  1. Terhindar dari Perbuatan Syirik

Terkadang permasalahan kehidupan yang pelik membuat manusia lalai dan berfikiran sempit. Tidak sedikit orang-orang yang mengalami suatu masalah lebih memilih jalan pintas untuk menyelesaikan untuk permasalahan. Seperti contohnya pergi ke dukun atau tempat-tempat keramat. Hal tersebut jutru akan menjerumuskan manusia kedalam perbuatan syirik. Dengan mengerjakan sholat istikharah diharapkan terhindar dari perbuatan syirik, karena hanya pada Allah lah permohonan dan doa-doa harus diucapkan.

Itulah tadi 8 keutamaan Sholat Istikharah. Lalu apakah ada amalan khusus yang dikerjakan setelah melaksanakan sholat istikharah. Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan Al-Bukhari, Nabi Muhammad mengajarkan doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat istikharah:

keutamaan sholat istikharah

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan yang tepat kepada Mu dengan ilmu Mu, dan aku memohon kekuatan kepada Mu (untuk memutuskan urusanku) dengan kuasa Mu. Aku memohon kepada Mu kebaikan dari karunia Mu yang agung. Sesungguhnya engkau Maha Kuasa, sedang aku tidak memiliki kuasa. Engkau Maha mengetahui, sedang aku tidak mengetahui. Dan hanya engkaulah yang mengetahui hal ghaib. dan hanya Engkau-lah Yang Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila (menurut pengetahuan-Mu) Engkau mengetahui bahwa urusan ini (hendaknya disebutkan urusannya) lebih baik bagiku dalam urusan agamaku, penghidupanku, dan akibatnya bagi akheratku atau -Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: …..duniaku dan akhiratku-, maka takdirkanlah untukku, mudahkanlah jalannya, kemudian berilah berkah untukku. Akan tetapi apabila (menurut pengetahuan-Mu) Engkau mengetahui urusan ini berdampak buruk bagiku dalam urusan agamaku, penghidupanku, dan akibatnya bagi akheratku, atau -Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:….duniaku atau akhiratku-, maka jauhkan urusan tersebut dariku, dan jauhkan aku darinya, takdirkan kebaikan untukku dimana saja kebaikan itu berada, kemudian jadikanlah aku ridho dengan takdir tersebut.”

Demikian penjelasan tentang sholat istikharah beserta keutamaan dan amalan-amalannya. Semoga bisa menjadi solusi ketika berada dalam suatu permasalahan ataupun kesulitan.

 

BACA JUGA

PROYEK KARPET MASJID UNTUK MINUSCA AFRICA

Keutamaan Dan Tata Cara Sholat Hajat (Arab dan Latin)

Sejarah Hari Santri Nasional & Kisah Perlawanan Resolusi Jihad

Mengikis Mitos Sial Bulan Shafar

SEJARAH MASJID ISTIQLAL

Karpet Musholla Nurul Iman, Bojong Nangka, Gunung Putri – Bogor

Karpet Masjid Nurul Iman, Kalasan, Sleman – Jogja

7 KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA YANG PENTING DIKETAHUI

Karpet Masjid Jami Al-Barokah, Grogol, Depok

6 FAKTA SEJARAH MASJIDIL HARAM YANG WAJIB DIKETAHUI

Karpet Masjid Al-Bakrie Taman Rasuna Kuningan Jakarta

 

Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini
Powered by