Masjid adalah tempat suci bagi umat islam. Pasal nya di tempat inilah umat islam melaksanakan sholat berjamaah serta ibadah lainnya. Sebagai tempat beribadah, masjid harus selalu dijaga kesucian nya. Tak heran jika di dalam ruangan sholat masjid selalu dilengkapi dengan alas sholat atau karpet masjid. Karena masjid adalah tempat umum dengan frekuensi kegiatan ibadah yang padat tentu membuat karpet masjid menjadi rentan kotor dan bau.

Bau pada karpet masjid merupakan salah satu penyebab jamaah tidak nyaman berada di dalam masjid. Ketidaknyamanan ini yang berujung tidak khusu’ nya jamaah ketika sholat berjamaah. Untuk itu, penting kira nya untuk mengenali penyebab dari bau-bau tak sedap yang hinggap di karpet masjid, antara lain:

  • Lembab

Sebelum melakukan sholat, jemaah diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu, karena wudhu merupakan salah satu syarat sah dilaksanakannya sholat. tak heran jika karpet masjid sering lembab akibat terkena sisa air wudhu dari kaki jamaah.

  • Tumbuhnya jamur

Jamur yang tumbuh di permukaan karpet masjid sering disebabkan kondisi permukaan karpet yang lembab dan tidak dapat kering secara sempurna. Jamur inilah yang menjadi penyebab munculnya bau yang tidak sedap pada karpet.

  • Kotor

Ruangan sholat di masjid umumnya didesain terbuka. Hal ini menyebabkan debu dan kotoran mudah masuk ke dalam ruangan sholat dan menempel di permukaan karpet. Sehingga karpet masjid memiliki bau yang kurang sedap.

  • Salah metode dalam mencuci karpet

Salah dalam metode mencuci juga akan menimbulkan bau apek yang sangat mengganggu kala sujud dan tak jarang membuat jamaah menjadi pusing bahkan kehilangan konsentrasi saat sholat.

Hal-hal di atas secara umum merupakan penyebab muncul nya bau kurang sedap pada karpet masjid, yang akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan jamaah saat berada di dalam masjid. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang dapat mencegah munculnya bau kurang sedap pada karpet masjid, sekaligus menjaga agar aroma karpet masjid tetap wangi. Berikut tips-tips nya:

1. Pasang Keset

Penyebab utama muncul aroma kurang sedap pada karpet masjid adalah permukaan karpet masjid dalam kondisi lembab. Lembab pada permukaan karpet masjid dapat diakibatkan oleh keringat atau pun sisa air wudhu dari kaki jamaah. Permukaan karpet masjid yang lembab tersebut akan menimbulkan tumbuhnya jamur  pada karpet masjid dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk mencegah lembab pada permukaan karpet masjid, para jamaah yang hendak melaksanakan sholat tidak mungkin meninggalkan wudhu, karena wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat. Dimana tidak akan sah sholat seseorang jika tidak memiliki wudhu.

Lalu bagaimana cara mencegah agar karpet masjid tidak lembab? Salah satu cara menghindari kondisi lembab pada permukaan karpet masjid adalah dengan meletakkan keset di depan ruangan masjid. Sehingga setelah selesai wudhu, jamaah bisa mengeringkan kakinya terlebih dahulu dengan keset sebelum menginjak karpet masjid. dengan demikian karpet masjid akan tetap kering dan terhindar dari lembab dan jamur.

2. Bersihkan dengan vacuum cleaner

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab munculnya bau kurang sedap pada karpet masjid adalah karena adanya kotoran atau debu. Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan rutin membersihkan karpet masjid menggunakan  vacuum cleaner, yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran maupun debu di permukaan karpet masjid. Selain bisa menyedot debu dan kotoran, vacuum cleaner juga ampuh untuk membersihkan tungau dan jamur.

3. Gunakan baking soda

Baking soda atau soda adalah serbuk kristal yang digunakan untuk membuat adonan kue lebih mengembang. Ternyata fungsi dari baking soda bukan hanya untuk membuat kue lebih mengembang saja. Soda kue atau Natrium Bikarbonat juga dipercaya mampu  mengurangi  bau kurang sedap pada karpet masjid anda. caranya cukup mudah, taburkan baking soda diatas permukaan karpet masjid anda. Biarkan beberapa menit lalu bersihkan dengan vacuum cleaner atau sapu penebah. Hasilnya bau kurang sedap pada karpet akan lenyap. Hal ini disebabkan karena baking soda memiliki kandungan senyawa 2NAHCO3 yang efektif untuk menghilangkan jamur ataupun kerak.

4. Dijemur

Menjemur karpet masjid secara berkala bisa membantu mencegah bau apek pada karpet masjid. Tapi yang perlu diingat jangan menjemur karpet masjid dibawah sinar matahari langsung, melainkan  di tempat yang teduh tetapi mendapatkan cukup udara atau angin. Menjemur karpet dibawah sinar matahari secara langsung justru akan membuat karpet menjadi luntur dan seratnya menjadi rapuh. Sebaliknya menjemur karpet di tempat yang teduh bisa tetap menjaga kualitas warna dan serat karpet. Selain itu menjemur karpet di tempat teduh namun dengan sirkulasi udara dan angin yang bagus akan membantu mengurangi tingkat kelembaban di permukaan karpet, sehingga dapat menghilangkan bau kurang sedap pada karpet masjid

5. Membuat peraturan yang tegas

Lalu untuk mencegah munculnya bau kurang sedap pada karpet masjid adalah dengan membuat aturan yang tegas untuk tidak membawa makanan atau minuman ke dalam ruangan sholat. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan seperti menumpahkan makanan dan minuman tersebut di dalam masjid dan berpotensi mengotori karpet masjid dan tak menutup kemungkinan akan susah dibersihkan sehingga meninggalkan bekas dan bau yang tak sedap.

6. Parfum Khusus Karpet Masjid

Tak ada salah nya menjaga ruangan masjid lebih wangi dengan menyemprotkan parfum khusus karpet masjid. Pilihan merk parfum karpet masjid juga bervariasi dan bisa disesuaikan dengan selera.

Demikian tips cara mencegah dan menghilangkan bau yang tidak sedap pada karpet masjid. dengan karpet masjid yang harum, semoga bisa menambah kenyamanan jamaah.

Semoga tips ini bermanfaat.