Ibadah kurban merupakan ibadah yang disunnahkan dalam Islam. Bahkan mayoritas ulama berpendapat bahwa hukum berkurban adalah sunnah muakad atau sunnah yang mendekati wajib. Berkurban hewan dengan kualitas terbaik merupakan dambaan setiap muslim. Namun taukah anda bagaimana cara memilih hewan yang baik? Nah! Kali ini Picasso Carpets akan memberikan tips memilih hewan kurban dengan kualitas yang baik dan kondisi yang sehat:

1. HEWAN KURBAN SUDAH CUKUP UMUR

Memilih hewan kurban yang cukup sudah cukup umur merupakan suatu keharusan bagi yang ingin berkurban. Cukup umur merupakan salah satu syarat sah dari hewan kurban di samping syarat sah yang lainnya. Jika ingin kurban sapi, maka syarat sah sapi yang diperbolehkan untuk dijadikan hewan kurban adalah sudah berusia lebih dari 2 tahun, Sedangkan jika kurban kambing, maka syarat sah nya yaitu sudah berumur lebih dari 1 tahun.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah hewan kurban sudah cukup umur. Dilansir dari okezone.com, Kepala Dinas Peternakan Jawa Barat, Koesmayadi Tatang menjelaskan bahwa cara yang paling mudah untuk mengetahui hewan kurban telah cukup umur adalah dengan melihat kondisi giginya.

Hewan kurban yang cukup umur  sudah dipastikan telah memiliki gigi permanen, yang ditunjukkan dengan ukuran gigi yang tampak besar-besar. Apabila hewan kurban memiliki gigi yang masih berukuran kecil, itu menunjukkan bahwa hewan kurban tersebut masih belum dewasa dan belum dikatakan cukup umur untuk dijadikan hewan kurban. “kalau giginya kelihatan kecil-kecil berarti gigi susu, itu artinya belum cukup umur”, terang Koesmayadi.

2. HEWAN KURBAN TIDAK CACAT

Tips memilih hewan kurban yang baik selanjutnya adalah dengan memilih hewan yang tidak cacat. Hewan kurban tidak cacat juga merupakan syarat sah dari ibadah kurban. ketika anda memilih hewan kurban, pastikan kondisi fisik hewan kurban tersebut dalam keadaan baik.

Dalam artian semua organ fisik hewan kurban tersebut dalam keadaan normal. Anda sebaiknya memilih secara teliti dan seksama. Teliti kondisi mata, telinga, ekor dan kakinya. Hewan yang akan dijadikan kurban tidak boleh buta, telinga nya besar sebelah, atau pun pincang salah satu kakinya. Apabila hewan kurban memiliki tanduk, pastikan tanduknya dalam kondisi baik, dalam artian tidak patah atau pendek sebelah.

3. KONDISI HEWAN KURBAN SEHAT

Hewan yang dikurbankan pastinya harus dalam kondisi sehat. Namun bagi masyarakat awam memilih hewan yang benar-benar sehat hanya dari melihat secara sekilas pastinya bukan hal yang mudah. Namun hewan kurban yang sehat sebenrnya dapat dilihat hanya dari penampakan fisiknya saja.

Ciri-ciri hewan sehat:
  • Nafsu makan baik

Ketika akan memilih hewan kurban, jangan lupa untuk memberikan hewan tersebut makanan. Jika hewan yang anda pilih segera memakan makanan yang anda berikan, hal tersebut mengindikasikan bahwa hewan yang anda pilih dalam keadaan sehat.

Namun tidak semua hewan yang menolak saat diberikan makanan mengindikasikan kondisi yang kurang sehat. Bisa jadi hewan tersebut dalam keadaan kenyang, sehingga menolak saat anda beri makanan. Oleh karena itu anda harus mengetahui ciri-ciri lain yang mengindikasikan hewan kurban dalam keadaan sehat.

  • Aktif dan tanggap

Hewan yang sehat umum nya akan memiliki gerakan yang aktif dan tanggap merespon rangsangan di sekitar. Sebagai contoh hewan kurban yang dalam keadaan duduk, akan segera memberikan respon yaitu segera berdiri jika didekati.

Atau ketika hewan dalam keadaan berdiri, akan segera memberikan respon yaitu menjauh dari anda ketika anda mendekatinya. Oleh sebab itu jika anda memilih hewan kurban baik sapi maupun kambing, cobalah mendekati hewan tersebut perlahan-lahan. Jika hewan tersebut memberikan respon seperti yang disebutkan diatas, hal tersebut menunjukkan bahwa hewan dalam kondisi sehat.

  • Kulit elastis

Selain dapat dilihat dari pergerakan nya, hewan kurban yang sehat dapat dilihat dari kulitnya. Jika kulit hewan kurban terlihat halus dan elastis, itu menunjukkan bahwa hewan kurban dalam keadaan sehat.

Cobalah menarik/mencubit perlahan kulit hewan kurban, jika saat ditarik kulit hewan bisa kembali dengan cepat, maka menunjukkan hewan tersebut dalam kondisi sehat. Namun apabila kulit hewan ditarik dan tidak segera kembali dengan cepat, makan hal tersebut menunjukkan hewan kurban dalam kondisi kurang sehat, dehidrasi, atau bahkan demam.

  • Hidung dan mulut tidak kering

Hewan kurban sapi, kerbau, maupun kambing umumnya memiliki mulut dan hidung yang lembab jika dalam kondisi sehat. Jika hidung dan mulut hewan kurban terlihat kering, maka hal tersebut mengindikasikan hewan dalam keadaan sakit demam. Namun kondisi hidung dan mulut yang mengeluarkan lender terlalu berlebihan juga menunjukkan hewan dalam kondisi yang kurang sehat. Lendiri berlebih yang keluar dari hidung dan mulut hewan kurban, menunjukkan kondisi terkena flu atau pilek.

  • Mata jernih

Pastikan anda memilih hewan kurban yang matanya tampak jernih dan tidak pucat. Selain itu hewan kurban yang sehat akan terlihat dari mukosa mata (area merah di ujung mata bagian dalam). Hewan yang sehat memiliki mukosa mata berwarna merah mudah cerah. Sedangkan hewan yang sakit mukosa matanya terlihat pucat atau justru tampak lebih gelap.

  • Frekuensi nafas teratur

Hewan kurban sapi atau kambing yang sehat memiliki ritme nafas yang teratur dan tidak ngos-ngosan.

  • Bulu terlihat halus dan mengkilap

Ciri hewan kurban sehat selanjutnya dapat dilihat dari bulu nya. Hewan kurban yang sehat memiliki bulu yang tampak halus dan mengkilat. Sedangkan hewan yang kurang sehat bulunya terlihat kusam, kumal, dan berdiri.

 

 

4. POSTUR TUBUH HEWAN KURBAN IDEAL

Anda pastinya menginginkan hewan yang terbaik untuk menunaikan ibadah qurban. Memilih hewan kurban yang gemuk dan memiliki postur tubuh yang ideal sangatlah penting agar mendapatkan fadhilah dari ibadah kurban.

Pilihlah hewan kurban yang memiliki bentuk tubuh yang seimbang, tidak hanya besar di salah satu sisi tubuh misalnya perutnya saja, tubuh bagian depan atau bagian belakang saja. Memilih hewan kurban dengan postur tubuh yang ideal akan berpengaruh dengan jumlah daging yang didapat saat disembellih nantinya.

5. SESUAIKAN DENGAN BUDGET

Hal yang tidak kalah penting saat memilih hewan kurban adalah menyesuaikan budget anda dengan harga hewan kurban yang akan dibeli. Setiap orang pastinya menginginkan hewan kurban harga murah tetapi dengan kualitas yang bagus. Hal tersebut pastinya sulit didapatkan. Kualitas hewan kurban pastinya berbanding lurus dengan harganya. Semakin bagus kualitas hewan kurban, pastinya dibarengi dengan tingginya harga.

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membeli hewan kurban dengan harga mahal agar mendapatkan hewan kurban terbaik. Memberikan hewan kurban yang terbaik memang sangat dianjurkan oleh Rasulullah, namun bukan berarti anda harus membeli hewan kurban dengan harga diluar kemampuan anda. cukup belilah hewan kurban sesuai kemampuan dan budget anda. Allah tidak akan mempersulit dan membebani hamba-Nya, bukan?

6. MEMILIH PENJUAL YANG TERPERCAYA

Hewan kurban yang terbaik dapat diperoleh dari penjual yang terpercaya. Jangan ragu untuk bertanya kepada teman-teman anda yang berpengalaman tentang hewan kurban, agar anda mendapatkan referensi penjual hewan kurban terpercaya. Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Yogyakarta juga sudah terdapat supermarket hewan kurban. Supermarket hewan kurban ini pada umumnya dibuka dadakan menjelang hari raya Idul Adha.

Supermarket hewan kurban atau biasa disebut juga mall hewan kurban umumnya menjual hewan kurban sapi dan kambing dengan kualitas yang baik dan kondisi yang sehat serta harga yang kompetitif. Hal tersebut dilakukan karena tempat-tempat seperti ini lebih mementingkan review dari para customer nya, sehingga hewan kurban yang dijual pun umumnya memiliki kualitas yang terpercaya.

7.  MEMBELI LANGSUNG DARI PETERNAK

Ibarat membeli barang langsung dari tangan pertama, membeli hewan kurban dari peternak pastinya akan mendapatkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan jika anda membeli dari pedagang hewan kurban. Hal tersebut karena pedagang hewan kurban pastinya telah mengambil keuntungan dari harga yang ditetapkan peternak. Pada umumnya peternak juga lebih memperhatikan perawatan hewan kurban, sehingga Kualitas hewan kurban yang didapat langsung dari peternak juga relative lebih baik.

Itu tadi tips memilih hewan kurban yang baik ala Picasso Carpets. Semoga bermanfaat bagi anda yang tahun ini berniat menunaikan ibadah kurban, sehingga dapat memilih hewan kurban dengan kualitas terbaik.

 

 

Sumber:

https://bit.ly/2VRwpfT, https://bit.ly/2BHiIJI

 

BACA JUGA
Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat ala Dokter Hewan yang Wajib Diketahui
Empat Tips Untuk Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha
Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Bersedekah Bagi Kehidupan
Raih Pahala Berlipat! Simak 5 Sedekah Jariyah Murah Untuk Masjid Yang Patut Dicoba

 

 

Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini