Sholat merupakan salah satu kewajiban bagi umat islam. Bahkan sholat merupakan inti dari semua ibadah yang kita lakukan. Nabi menjelaskan pentingnya sholat dalam hadits beliau, yang artinya. “ibadah yang pertama kali dihisab di hari kiamat adalah sholat, apabila sholat yang didirikan itu baik, maka baik pula seluruh amal yang dilakukan. Dan apabila sholat yang didirikan itu buruk, maka buruklah semua amal yang dilakukan” (HR. Muslim). Di dalam sholat terdapat beberapa gerakan, salah satunya adalah gerakan sujud. Berikut adalah 10 manfaat gerakan sujud di dalam sholat bagi kesehatan fisik maupun mental:

  1. Sujud dapat memperbarui sel-sel saraf otak

Pakar neurosains prof. Taruna Ikrar menjelaskan bahwa ketika kita bersujud dalam sholat posisi jantung berada di atas otak kita. Hal tersebut mengakibatkan darah yang kaya akan oksigen mengalir lebih banyak ke otak. Oksigen tersebut yang akan membantu memperbarui sel-sel saraf manusia. Dr. Ikrar menambahkan bahwa otak manusia terdiri dari 100 miliar sel, dan di dalam setiap sel tersebut terdapat 10 ribu koneksi atau disebut juga dengan sinapsis. Sinapsis inilah yang membutuhkan pasokan oksigen, nutrisi, serta neurotransmitter. Saat bersujud dengan khusuk di dalam sholat, sinapsis-sinapsis tersebut akan mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup sehingga dapat melakukan fungsinya dengan optimal.

  1. Memudahkan persalinan

Salah satu yang menjadi penyebab sulitnya proses persalinan adalah posisi kepala bayi diatas atau biasa disebut sungsang. Posisi bayi sungsang ini dapat diatasi dengan gerakan sujud. Gerakan sujud memungkinkan posisi rahim wanita berada diatas dada dan kepala dengan posisi rahim bagian atas berada dibawah searah dengan gravitasi bumi. Dalam posisi seperti ini bagian tubuh bayi yang lebih berat yaitu pantat bayi, secara otomatis akan berputar mengkuti arah gaya gravitasi bumi, sehingga posisi bayi yang awalnya sungsang dapat berputar ke posisi normal. Gerakan sujud juga dapat memperlebar ukuran rahim, sehingga memungkinkan bayi dalam kandungan bergerak ke posisi normal. Posisi bayi yang nomal akan memudahkan ibu hamil pada proses persalinan.

 

  1. Meningkatkan kecerdasan dan memori otak

Pernakah kita lupa meletakkan sesuatu seperti kunci atau dompet dan sama sekali tidak terbesit di otak kita dimana kita meletakkannya? dan ketika kita sholat tiba-tiba kita teringat dimana kita meletakkan benda tersebut. Banyak orang beranggapan jika hal tersebut terjadi itu menandakan sholat kita tidak khusu’. Sebenarnya hal itu bukan dikarenakan kita tidak khusu’ dalam sholat, melainkan ketika sholat otak kita seperti direfresh kembali sehingga kecerdasan dan memori otak kita meningkat.  Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa gerakan sujud dalam sholat dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak. Hal tersebutlah yang menjadi faktor kecerdasan otak semakin meningkat. Selain itu ketika sholat, kita juga melakukan gerakan ruku’. Gerakan rukuk memungkinkan tulang belakang berelaksasi sehingga memproduksi lebih banyak sel darah merah, yang salah satunya akan dialirkan ke otak. Dengan demikian kemampuan memori otak kita akan semakin optimal.

  1. Memperbannyak ASI

Sujud juga menjadi latihan yang baik untuk melatih beberapa otot pada tubuh seperti contohnya otot dada pada wanita. Saat sedang sujud, maka beban tubuh bagian atas akan bertumpu pada lengan sampai telapak tangan dan ini membuat otot area dada mengalami kontraksi sehingga kelenjar air susu pada wanita bisa diperbaiki sehingga ASI yang dihasilkan semakin banyak.

  1. Meningkatkan hormon Endorfin

Ketika kita mengalami suatu masalah dan tidak menemukan solusi, Allah tidak memerintahkan kita untuk terlalu berat memikirkannya sehingga membuat kita menjadi penat. Allah hanya memerintah kita untuk bersabar dan sholat. Seperti firman Allah dalam surat Al-baqoroh ayat 45 yang artinya “dan minta tolonglah kamu sekalian dengan sabar dan sholat, sesungguhnya itu sulit dilakukan kecuali bagi orang-orang yang khusu’ (QS: Al-Baqarah:45). Mengapa Allah memerintahkan manusia untuk sholat ketika menghadapi masalah? Ternyata ketika kita sholat, kita akan melakukan gerakan sujud. Disaat itulah darah yang kaya oksigen dan nutrisi akan mengalir ke otak. Ketika suplai oksigen ke otak kita meningkat, otak akan memerintah tubuh untuk memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin adalah hormon yang berungsi untuk memberikan ketenangan, kenyamanan, dan rasa bahagia. Hormon endorfin bekerja sepeti morfin yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Hasilnya rasa nyaman, tenang, dan bahagia tersebut akan membuat kita dapat berfikir jernih dan dapat mencari solusi atas masalah yang kita hadapi.

BACA JUGA
10 Manfaat Sholat Bagi Kesehatan
5 Keagungan dan Keutamaan Hari Jum’at
Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Bersedekah Bagi Kehidupan
5 Makanan Sehat Ala Rasulullah yang Patut Dikonsumsi Sehari-hari
Mau Sehat? Ikuti 5 Tips Ampuh Hidup Sehat ala Raululullah Berikut Ini!
Ini Dia Manfaat Sholat Dhuha Yang Wajib Diketahui!
7 Amalan Sunnah Keseharian Sesuai Tuntunan Rasulullah
Raih Pahala Berlipat! Simak 5 Sedekah Jariyah Murah Untuk Masjid Yang Patut Dicoba

 

  1. Melancarkan pencernaan dan mencegah wasir

Saat sujud, maka kedua lutut akan ditekuk dan ini sangat berguna untuk mengatasi kejang atau kram otot yang terjadi pada kedua lutut. Selain itu, membungkukan badan lalu meletakkan dahi di atas tanah merupakan cara yang baik untuk melancarkan pencernaan pada perut. Sementara menungging lalu meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi berguna untuk mencegah terjadinya wasir.

  1. Meningkatkan sisi psikologis

Dari sisi psikologis, gerakan yang dilakukan dari sujud ini juga membuat kita merasa rendah diri di hadapan Allah SWT sekaligus menghilangkan berbagai sifat buruk seperti  sombong, riya, takabur dan berbagai sifat buruk lainnya. Selain itu bacaan doa yang dibaca dalam sujud juga jika kita hayati dan resapi akan membuat kita semakin merasa kecil dihadapan sang khaliq.

  1. Menyehatkan organ paru-paru

Saat sedang bernafas secara normal, sepertiga udara akan tersimpan dalam paru paru, namun saat sedang sujud, maka abdnormal fetra akan semakin menekan area diafragma. Ini menyebabkan diafragma bisa mengeluarkan udara yang tersisa pada paru paru sehingga manusia bisa bernafas lebih baik sekaligus menyehatkan organ paru paru.

  1. Produksi sel darah merah semakin optimal

Ketika kita bersujud di dalam sholat, sendi-sendi diantara ruas-ruas tulang belakang kita akan memanjang dan mengalami kontraksi. Kemudia ketika kita bangun dari sujud atau duduk iftirasy, sendi-sendi tersebut akan mengalami relaksasi. Gerakan sendi pada sujud tersebut dapat melatih tulang belakang kita sehingga dapat bekerja lebih optimal. Seperti yang kita tahu bahwa di dalam tulang belakang terdapat sumsum tulang belakang. Di dalam sumsum tulang belakang inilah tempat diproduksinya sel darah merah. Jika tulang belakang kita bekerja secara optimal, maka sumsum tulang belakang kita juga akan melakukan tugasnya yaitu memproduksi sel darah merah secara optimal. Jika produksi sel darah merah di dalam tubuh kita optimal, maka semua organ tubuh kita akan berfungsi dengan baik. Mengapa demikian? Karena salah satu fungsi sel darah merah adalah untuk mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh organ tubuh.

  1. Menguatkan otot betis

Saat ingin berdiri dari sujud, maka area betis mengalmi tekanan sehingga otot betis juga semakin tertekan. Otot betis yang dalam bahasa medis dinamakan peripheral heart ini akan memompa darah secara lancar ke seluruh bagian tubuh bawah.

Penjelas diatas menunjukkan betapa dahsyatnya manfaat sujud bagi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun psikis.

Lalu bagaimana tata cara gerakan sujud yang benar? Nabi pernah menerangkan tata cara bersujud dalam sabdah beliau, yang artinya Aku diperintah (oleh Allah) bahwa aku sujud di atas tujuh anggota, di atas dahi dan diisyarat dengan tangannya di atas hidungnya, dan dua tangan dan dua lutut dan perut-perut anak jari dua kaki. (Hadis Muttafaqun Alaih)

Lantas apakah gerakan sujud yang benar saja sudah cukup. Jawabannya tidak. Untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa dari gerakan sujud tersebut tidaklah cukup hanya dengan gerakan saja, melainkan kita juga harus khusu’ memfokuskan hati dan pikiran kita hanya kepada Allah SWT. Lalu bagaimana agar kita dapat khusu’ ketika sholat dan bersujud? Caranya adalah dengan mengosongkan fikiran, konsentrasi pada bacaan-bacaan sholat yang kita ucapkan, dan memilih tempat yang nyaman. Tempat sholat yang nyaman juga salah satu pendukung agar sholat kita terutama sujud kita menjadi khusu’. Salah satu cara agar tempat sholat atau dalam hal ini adalah masjid terasa nyaman adalah dengan menggunakan karpet masjid yang berkualitas. Bagaimana kita bisa khusu’ dalam sholat dan sujud jika karpet masjid yang digunakan saja kasar dan keras.  Oleh sebab itu, karpet masjid juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan sholat serta sujud kita menjadi khusu’. Dengan demikian, kita dapat merasakan betapa dahsyatnya manfaat sujud bagi kesehatan fisik dan mental kita.

Waallahu a’lam bishoab.

 

Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini
Powered by