Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dikerjakaan pada waktu dhuha. Apa yang dimaksud dengan waktu dhuha itu? Ulama’ Syafi’i berpendapat bahwa waktu dhuha adalah dimulai ketika matahari sudah setinggi kurang lebih satu tombak hingga masuknya waktu dzuhur.  Dalam bukunya Mausu’ah Fiqhiyah Muyassarah, 2/167 Imam Al-Albani berpendapat tentang  berapakah jarak satu tombak. Beliau menjelaskan: “Satu tombak adalah 2 meter menurut standar ukuran sekarang.  Sedangkan sebagian ulama’ menjelaskan, jika waktu dhuha dimulai 15 menit setelah terbit hingga matahari tergelincir atau telah masuk waktu dhuhur.

Keempat mahdzab yaitu Syafi’i, Hambali, Maliki, dan Hanafi sepakat berpendapat bahwa hukum sholat dhuha adalah sunnah. Meskipun tergolong ibadah sunnah, akan tetapi mengerjakan sholat dhuha sangatlah dianjurkan. Bahkan Nabi Muhammad berwasiat kepada umatnya untuk melaksanakan 3 amalan sunnah, yang salah satunya adalah sholat dhuha. Abu Hurairah mengatakan,

أَوْصَانِى خَلِيلِى – صلى الله عليه وسلم – بِثَلاَثٍ صِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَرَكْعَتَىِ الضُّحَى ، وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ

Kekasihku –yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam- mewasiatkan tiga nasehat padaku: [1] Berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] Melaksanakan shalat Dhuha dua raka’at, dan [3] Berwitir sebelum tidur.

Nabi sangat menganjurkan kepada umatnya untuk mengerjakan sholat dhuha, karena sholat dhuha memiliki beberapa keutamaan bagi siapapun yang mengerjakannya. Berikut adalah 7 keutamaan sholat dhuha

  1. Pahalanya sama dengan 360 sedekah

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

7 KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA (1)Di pagi hari ada kewajiban bagi seluruh persendian kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Demikian juga amar ma’ruf dan nahi mungkar adalah sedekah. Semua ini bisa dicukupi dengan melaksanakan shalat dhuha sebanyak dua raka’at” (HR. Muslim no. 720).

Di dalam hadits tersebut Nabi menjelaskan bahwa mengerjakan 2 rakaat sholat dhuha pahalanya sama seperti sedekahnya semua sendi di tubuh kita. Dalam ilmu biologi tubuh manusia memiliki 360 persendihan. Jika pahala sholat dhuha sama dengan sedekahnya seluruh persendian kita, maka pahala mengerjakan 2 rakaat sholat dhuha sama dengan pahala 360 sedekah.

  1. Dicukupi kebutuhannya

Allah menjanjikan pada hambanya yang mau melaksanakan sholat dhuha di awal hari, maka akan dicukupilah kebutuhannya di sore hari. Nabi Muhammad SAW bersabda:

عَنْ نُعَيْمِ بْنِ هَمَّارٍ الْغَطَفَانِىِّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ ».

7 KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA (2)Dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.

Jika kita rutin melaksanakan sholat dhuha di pagi hari, maka kita tidak perlu khawatir dan gelisah akan kehidupan kita. Allah sendiri telah berjanji pada kita untuk memenuhi segala kebutuhan hambanya yang rajin melaksanakan sholat dhuha.

  1. Akan dibangunkan rumah di syurga

7 KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA (4)Jika di dunia kita susah payah bekerja dan menabung untuk membangun rumah kita. Pernakah kita berfikir untuk membangun rumah kita di syurga? Kebanyakan orang hanya menabung untuk membangun dan memperbaiki rumahnya di dunia. Padahal rumah di dunia hanyalah bersifat sementara yang nantinya akan ditinggalkan menuju rumah yang kekal. Lalu apa kita pernah berfikir untuk membangun rumah masa depan kita di akhirat. dengan mengerjakan 12 rokaat sholat dhuha, maka Allah akan membangunkan rumah untuk kita di surga. Rasulullah SAW bersabdah, “Siapa saja yang shalat Dhuha 12 rekaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga”” (HR. Ibnu Majah)

  1. Mendapatkan keuntungan lebih cepat

7 KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA (3)Siapa yang tidak ingin mendapatkan keuntungan?. Bukan hanya pedagang, tapi semua orang pasti menginginkan mendapatkan keuntungan. Dengan rutin menjalankan sholat dhuha, kita akan diberi kemudahan oleh Allah untuk mendapatkan keberuntungan dalam hidup, baik keberuntungan di dunia terlebih keberuntungan di akhirat. Rasulullah SAW bersabdah yang artinya, ““Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali!. Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya). Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuanpaling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah(keuntungan)nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya”.

  1. Mendapat pahala haji dan umrah

7 KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA (1)Jika sekarang ini kita belum memiliki biaya untuk menjalankan haji dan umrah, maka kita tidak perlu sedih dan berkecil hati, karena Allah akan member pahala bagi orang-orang yang mengerjakan sholat dhuha  sama seperti pahala orang yang berhaji dan umrah. Dari Anas ra berkata, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna” (HR. Ibnu Majjah)

 

 

  1. Menggugurkan dosa

7 KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA (6)Keutamaan sholat dhuha selanjutnya adalah dapat menggugurkan dosa-dosa yang telah dilakukan. Selain dengan mengerjakan sholat taubat, sholat dhuha juga dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah kita lakukan, asalkan kita melakukannya iklas dan murni karena Allah. Rasulullah bersabdah:, “Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

 

 

 

  1. Dibuatkan pintu khusus di surga

Keutamaan lain yang dijanjikan Allah bagi orang yang tekum mengerjakan shalat dhuha adalah bahwa dia akan dibuatkan pintu khusus di surga kelak, yakni pintu yang dinamakan pintu Dhuha. Dengan demikian maka jelaslah bahwa orang yang tekun mengerjakan shalat dhuha memiliki kedudukan yang tinggi di mata Allah SWT hingga dibuatkan pintu tersendiri untuk memasuki surga  tidak memandang apakah ia muslim sejak lahir maupun mualaf. Rasulullah bersabda: Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad saw bersabda,

“sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR.Thabrani)

 

Itu tadi 7 keutamaan sholat dhuha bagi siapapun yang mengerjakannya. Semoga kita dapat mengerjakan sholat dhuha secara khusu’dan rutin, karena sebaik-baiknya amalan adalah yang rutin dilakukan. Rasulullah SAW bersabdah:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.

 

BACA JUGA
6 FAKTA SEJARAH MASJIDIL HARAM YANG WAJIB DIKETAHUI
4 MANFAAT KARPET MASJID BERKUALITAS
10 MANFAAT SUJUD BAGI KESEHATAN
TIGA KEUGGULAN KARPET MASJID TURKI
10 Manfaat Sholat Bagi Kesehatan
10 Masjid Terbesar Di Dunia
Ciri Khas Karpet Masjid Turki yang Harus Anda Ketahui

 

 

Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini
Powered by