Alhamdulillah telah terpasang Karpet Masjid Turki Grade A+ exclusive di Masjid Sonyorangi Jalan Baciro Gondokusuman Yogyakarta. 

SEJARAH MASJID SONYORANGI GONDOKUSUMAN JOGJA

Masjid Sonyorangi merupakan salah satu masjid tua di kota Jogja yang menyimpan banyak sejarah. Sebelum alih fungsi menjadi masjid pada tahun 1952, bangunan kuno ini awalnya merupakan gudang pasarean yang dibangun pada masa pemerintahan KGPAA Pakualam VII, tepatnya pada tahun 1920.

Atas permintaan warga sekitar, bangunan tersebut kemudian alih fungsi menjadi masjid. Permintaan warga tersebut didasari tidak ada nya masjid di lingkungan sekitar Pesarean. Kemudian KGPAA Pakualam VII memberikan amanah kepada Pengurus Muhammadiyah Ranting Gendeng, yang dari situlah awal berdirinya masjid Sonyorangi tersebut. Masjid yang pada awal berdirinya memiliki bangunan yang sangat sederhana , yaitu berdinding gedeg (anyaman bambu) tersebut kemudian dipugar pada tahun 1955 dengan wujud bangunan semi permanen.

Setelah gempa Jogja pada tahun 2006, Masjid Sonyorangi dipugar kembali pada tahun 2009. Meskipun telah mengalami beberapa kali pemugaran, namun masjid ini tetap mempertahankan corak dan ornamen aslinya.

Enam pilar penyangga utama pada Masjid Sonyorangi juga merupakan peninggalan sejak tahun 1920. Selain tetap mempertahankan corak dan ornamen aslinya, gaya arsitektur dari Masjid Sonyorangi juga tetap mempertahankan gaya arsitektur Jawa kuno, Tak heran jika masjid ini termasuk salah satu cagar budaya yang ada di Jogja.

Masjid Sonyorangi kini telah menjadi masjid yang megah dan mewah dengan corak Jawa Kuno nya masih kental terlihat menghiasi eksterior dan interior masjid. Berbanding terbalik dengan bangunan awalnya yang sangat sederhana, Masjid Sonyorangi kini memiliki bangunan seluas 180 meter persegi dengan jumlah jemaah sebanyak 100 orang, 20 muadzin dan 5 imam.

Kegiatan di Masjid ini pun sudah sangat maju, di aNtara nya pengajian Jumat berkah yang diselenggarakan setiap hari Jumat setelah sholat subuh, pengajian hari ahad yang diikuti oleh kalangan ibu-ibu warga Gondokusuman, pembacaan hadits tiap ba’da subuh dan maghrib, serta pelatihan adzan yang diselenggarakan khusus untuk pemuda-pemuda dan remaja.

KARPET MASJID TEBAL JOGJA

Alhamdulillah beberapa saat lalu kami dipercaya untuk menggelar karpet masjid turki Grade A+ Exclusive hijau polos dengan garis shaff putih. Karpet masjid grade A+ Exclusive ini ketebalan 21 mm dengan titik rapat 1,5 juta dot/meter persegi, menjadikan nya begitu empuk dan awet.

Warna karpet masjid yang dipilih adalah hijau polos dengan garis shaff berwarna putih tampak sangat serasi dengan interior Masjid Sonyorangi yang didominasi warna hijau dan putih. Hamparan karpet masjid minimalis masih tetap menyatu dengan Gaya arsitektur Masjid Sonyorangi yang bercorak Jawa kuno. Ruangan utama masjid tampak begitu elegan dan mewah dengan balutan karpet masjid tebal dan empuk yang menutupi seluruh lantainya dengan sempurna.

HARGA KARPET MASJID JOGJA

Berbicara ranah harga karpet masjid, tentu saja banyak yang menginginkan harga miring kualitas tinggi bukan? namun hal tersebut perlu diwaspadai, sebab alih-alih berkualitas kadang para penjual menggunakan trik ‘harga murah’ untuk menggaet pembeli meski kenyataannya kualitas nya tak seperti yang ditawarkan.

Kualitas karpet masjid yang tinggi tentunya dibarengi dengan harga yang menyesuaikan. Namun bukankah kualitas karpet masjid yang bagus dan bisa awet hingga bertahun-tahun penggunaan menemani jamaah beribadah merupakan aset yang tak ternilai?

Memiliki ketebalan 21 mm, menjadikan Grade A+ Exclusive begitu empuk dan lembut sehingga begitu nyaman ketika dipijak. Bahannya terbuat dari material yang sangat berkualitas membuatnya lebih kokoh dan awet meskipun digunakan bertahun-tahun lamanya. Karpet masjid A+ Exclusive juga memiliki benang yang kuat dan tak mudah brodol, sehingga jika dihitung-hitung memilih karpet masjid dengan harga tinggi namun dengan kualitas yang tinggi pula justru akan menghemat anggaran pembelian karpet, karena tidak perlu membeli karpet masjid secara berulang-ulang.

JASA PEMASANGAN KARPET MASJID JOGJA

untuk instalasi karpet masjid di Masjid Sonyoragi Jogja, penjawdalan tim teknisi sudah diatur dengan baik dengan pihak masjid. Saat hari H instalasi karpet masjid, tim kami bersiap ke lokasi dengan membawa serta peralatan lengkap sebagai alat tempur.

Setelah sampai di lokasi, kami pun langsung membawa gulungan-gulungan karpet masjid ke dalam ruang utama masjid. Menggelar karpet masjid gulungan satu per satu menutupi seluruh lantai ruangan, mengukur karpet sesuai dengan luas ruangan, serta menandai coakan-coakan yang ada di dalam ruangan.

Masjid Sonyorangi sendiri memmiliki 6 pllar di tengah ruangan utamanya, sehingga tim kami harus benar-benar jeli dan teliti agar hasil akhir pemasangan karpet tampak sepurna. Selain itu masjid Sonyorangi juga berkiblat serong sehingga berpengaruh terhadap garis shaff nya yang menjadi miring. Namun hal tersebut bukanlah kendala yang berarti bagi tim teknisi kami. Pengalaman melakukan pemasangan karpet masjid di lebih dari 2.000 masjid menjadikan pemasangan karpet masjid begitu rapi dan presisi.

Setelah rampung mengukur dan menandai coakan, proses selanjutnya adalah memotong karpet masjid meteran sesuai dengan ukuran ruangan, letak pilar, dan letak coakan. Proses dilanjutkan dengan menjahit tepian karpet masjid satu per satu. Proses ini bertujuan agar benang karpet tidak mudah brodol serta merapikan pinggiran karpet sehabis dipotong.

Sebagai sentuhan akhir, permukaan karpet masjid pun dibersihkan menggunakan vacuum cleaner yang bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa benang, merapikan sambungan karpet masjid, serta menyamarkan serat benang. Ada sedikit keunikan di masjid ini. Selain keberadaan 6 pilar dan arah kiblat yang serong, di dalam ruangan Masjid Sonyorangi juga terdapat 2 rak dinding yang terpasang paten dan tidak pindah dipindahkan. Sehingga saat melakukan pemasangan karpet masjid, tim kami harus masuk ke dalam kolom rak dinding tersebut. Pengalaman yang lucu sekaligus seru.

Proses pemasangan karpet masjid pun rampung sempurna. Seluruh lantai ruangan kini terbalut karpet masjid tebal berwarna hijau polos dan garis shaff yang begitu menyatu dengan interior ruangan yang juga didominasi warna hijau dan putih. Hamparan warna hijau segar sungguh sedap dipandang mata membuat siapapun nyaman dan betah berlama-lama berada di dalamnya.

KESAN PENGURUS MASJID

Setelah proses pemasangan karpet masjid rampung sempurna, kami pun berkesempatan untuk melakukan sesi wawancara dengan salah satu Pengurus Masjid Sonyorangi. adalah Bapak Iklhas Mulyadi, Sekretaris Umum Masjid yang berkenan menjelaskan sejarah Masjid sekaligus tujuan pengadaan karpet masjid baru di Masjid Sonyorangi.

Saat ditanya bagaimana kesan beliau terhadap Picasso Carpets, Bapak Ikhlas Mulyadi menjawab bahwa hal yang sangat mengesankan dari Picasso Carpets adalah kecekatan dan keterampilan tim teknisi saat memasang karpet masjid. Hasil akhirnnya pun sangat rapi, selain itu produk dari Picasso Carpets sangatlah berkualitas, empuk, dan tebal.

Selain memberikan kesan terkait kinerja tim dan kualitas produk, Bapak Ikhlas pun menjelaskan tujuan pengadaan karpet masjid baru tersebut. Tak lupa beliau juga menghmbau agar pengurus-pengurus masjid lain di wilayah Jogja juga turut memesan karpet masjid di Picasso Rugs and Carpets, yang tentunya bertujuan untuk memakmurkan masjid.

“petugas-petugas nya sangat luar biasa, sangat cekatan dan terampil sehingga pemasangan bisa tepat waktu. Produknya juga luar biasa empuk sekali. Tentu ini juga rekomendasi untuk masjid-masjid yang lain. Mudah-mudahan masjid-masjid yang lain juga ikut memesan, tujuannya tentu adalah untuk memakurkan masjid, agar jemaah kita nyaman, karena mereka adalah tamu Allah”, Bapak Ikhlas Mulyadi-Sekretaris Umum Masjid Sonyorangi.

 

MASJID SONYORAGI

Jl. Gondosuli No.6, RT.47/RW.11, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55225

BACA JUGA
Masjid Pathok Nagari Dongkelan Yogyakarta
Masjid PT. Agri Spice Jogja, Klaten, Jogja
Masjid Al-Hikmah Kampus STTP Yogyakarta
Masjid Jami Al-Ma’aruf, Gunung Kidul, Jogja
Masjid Sebelas Maret Jl Glagahsari Jogja
Masjid Darussalam SDN Purwosari Ringroad Utara Jogja
Masjid Ja’far Al Basyir, Sewon, Bantul, Jogja
Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini