Bulan Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam kalender Hijriah. Dalam agama Islam bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang mulia Karena termasuk salah satu bulan Haram (kemuliaan).

Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.(QS: At-Taubah:36)

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim, Nabi Muhammad menjelaskan tentang bulan Haram tersebut:

“Sesungguhnya zaman ini telah berjalan (berputar), sebagaimana perjalanan awalnya ketika Allah menciptakan langit dan bumi, yang mana satu tahun ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga bulan yang (letaknya) berurutan, yaitu Dzulkaidah, Dzulhijah, dan Muharam. Kemudian Rajab yang berada di antara Jumadil (Akhir) dan Syaban.” (HR: Bukhari dan Muslim)

Dari hadits diatas dijelaskan bahwa bulan Dzulhijjah termasuk kedalam salah satu bulan yang dimuliakan, dimana pahala amal ibadah dilipat gandakan. Sebagai umat islam yang taat, memperbanyak amalan-amalan sunnah di bulan Dzulhijjah sudah sepantasnya dilakukan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Berikut 7 amalan sunnah yang dilakukan di bulan Dzulhijjah:

1. MELAKSANAKAN PUASA TARWIYAH DAN ARAFAH

Melaksanakan puasa di bulan dzulhijjah merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat islam yang tidak melaksanakan ibadah haji. Puasa sunnah di bulan dzulhijjah adalah puasa 2 hari yang dilakukan sebelum hari raya Idul Adha, tepatnya pada tanggal 8 Dzulhijjah dan 9 Dzulhijjah. Puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah disebut juga dengan puasa Tarwiyah, sedangkan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah disebut puasa Arafah. Adapun keutamaan dari puasa Tarwiyah dan Arafah adalah terhapusnya dosa yang telah dilakukan di masa lalu. Nabi Muhammad SAW bersabda:

صَومُ يَوْمِ التَّرْوِيَّةِ كَفَّارَةٌ سَنَةً وَصَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ كَفَّارَةٌ سَنَتَيْنِ

Puasa Hari Tarwiyah menghapus dosa setahun, dan puasa Hari Arafah menghapus dosa dua tahun. (Jamiul Ahadits, XIV, 34)

Dalam Hadits lain Nabi Muhammad bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ مِنْ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ

“Tidak ada hari yang lebih banyak Allah membebaskan dari api neraka dibanding hari Arafah.(HR. Muslim)

Adapun niat Puasa Tarwiyah dan Arafah adalah sebagai berikut:

Niat Puasa Tarwiyah (9 Dzulhijjah)

نويت صوم التروية سنة لله تعالى

Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Arafah (10 Dzulhijjah)

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.

 Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

2. MEMPERBANYAK SEDEKAH

Di dalam Islam terdapat 4 bulan yang dianggap sebagai bulan Haram atau bulan mulia. Dimana salah satu dari bulan tersebut adalah bulan Dzulhijah. Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak sedekah di Bulan Dzulhijah dan Bulan-bulan Haram lainnya. hal tersebut karena Allah melipat gandakan pahala yang dilakukan di bulan Haram, tak terkecuali pahala bersedekah:

3. MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH

Bulan Dzulhijjah disebut juga dengan Bulan Haji, karena perintah melaksanakan haji hanya boleh dilakukan di bulan Dzulhijjah saja dan apabila dilaksanakan di luar bulan Dzulhijjah, maka ibadah haji yang dilakukan hukumnya tidak sah. Melaksanakan ibadah haji merupakan kewajiban bagi muslim yang mampu baik secara finansial, fisik, maupun mental. Kewajiban melaksanakan berhaji tersebut hanya satu kali seumur hidup. Seorang muslim yang sudah pernah melakukan ibadah haji maka sudah tidak diwajibkan untuk berhaji lagi di tahun-tahun mendatang.

Sedangkan ibadah umrah hukumnya adalah sunnah dan boleh dilakukan baik di Bulan Dzulhijjah maupun di bulan-bulan lain di luar bulan Dzulhijjah. Namun waktu yang lebih utama untuk menjalankan umrah adalah pada bulan Dzulhijjah, yaitu bersamaan dengan dilakukannya ibadah haji. Menjalankan ibadah haji sekaligus umrah dalam hukum fikih disebut dengan Haji Qiran. Dimana seorang muslim berniat untuk melakukan Ihram Haji dan Ihram Umrah secara bersamaan.

Meskipun sangat dianjurkan, namun ibadah haji dan umrah tidak dapat dilaksanakan oleh umat muslim Indonesia pada bulan haji tahun 2020 ini. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menetapkan ketentuan ibadah haji di tengah pandemi global, dimana umat muslim dari luar Negara Arab tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah haji di tahun ini. Hal tersebut dilakukan pemerintah Arab guna melindungi warga Arab Saudi maupun umat Muslim dari penularan wabah virus corona yang melanda Negara-negara di seluruh dunia.

4. MEMPERBANYAK TAKBIR

Amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW di Bulan Dzulhijjah adalah memperbanyak berdzikir terutama mengumandangkan takbir. Takbir di bulan Dzulhijjah dapat dilakukan mulai tanggal 1 Dzulhijjah hingga tanggal 13 Dzulhijjah. Hal tersebut berdasarkan dalil berikut:

Imam Bukhari mengatakan: “ Dulu Ibnu Umar dan Abu Hurairah pergi ke pasar pada tanggal 1-10 Dzulhijjah. Kemudian mereka berdua mengumandangkan takbir kemudian masyarakat (ikut) bertakbir disebabkan mendengar takbir mereka berdua” (Imam Bukhari- dalam kitab Fathul Bari’)

5. SHOLAT IDUL ADHA

Sholat Idul Adha merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Meskipun hukum dari sholat Idul Adha adalah sunnah, namun sholat sunnah tersebut sangat dianjurkan dan hukumnya hampir mendekati wajib (Sunnah Muakadah). Dianjurkannya melaksanakan sholat idul adha tersebut bertujuan untuk mensyiarkan agama islam.

6. BERKURBAN

Selain disebut bulan haji, Dzulhijjah disebut juga dengan Idul Kurban atau hari raya kurban. hal tersebut dikarenakan ibadah kurban dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Selain dilakukan pada tanggal 10 Dzulhiijjah, penyembelihan hewan kurban juga boleh dilaksanakan pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah atau yang disebut juga dengan hari Tasyrik.

Anjuran untuk menyebelih hewan kurban di bulan Dzulhijjah, oleh Allah diabadikan dalam Surat Al-Kautsar ayat 2:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al-Kautsar:2)

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Ibnu Majjah, dan Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabdah:

مَنْ وَجَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلا يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

“Barangsiapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami.”

7. MEMPERBANYAK AMAL SHOLIH

Amalan sunnah yang dianjurkan di bulan Dzulhijjah yang ketujuh adalah memperbanyak amal sholih. Nabi Muhammad SAW bersabda:

مامِن أيامٍ العملُ الصالحُ فيها أحبُّ إلى اللهِ من هذه الأيامِ يَعْني أيامَ العشرِ قالوا: يا رسولَ اللهِ! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجلٌ خَرَجَ بنفسه ومالِه فلم يرجعْ من ذلك شيء

“Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid),” (HR Bukhari)

Sumber:

https://bit.ly/3gDR9jp, https://bit.ly/2Z8nFUA, https://bit.ly/31SQeHr, https://bit.ly/38y7enI

 

BACA JUGA

Sudah Tau Belum? Ini Dia 8 Ketentuan Ibadah  Haji Di Tengah Pandemi Global

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat ala Dokter Hewan yang Wajib Diketahui

Sejarah Tahun Hijriah, Sistem Penanggalan Umat Islam

10 Hari Pertama Dzulhijjah; Amalan Dan Rahasia Keutamannya

Siap Hadapi New Normal? Ini Dia 10 Tips Mencegah Penyebaran Virus Corona Di Masa New Normal

Empat Tips Untuk Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Luar Biasa! Inilah 5 Manfaat Bersedekah Bagi Kehidupan

7 AMALAN UNTUK MENARIK REZEKI YANG BERKAH

 

Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini