Di dalam agama islam terdapat dua jenis ibadah, yang pertama adalah ibadah mahdzah dan yang kedua adalah ibadah Ghairu Mahdzah. Ibadah mahdzah adalah ibadah yang murni berhubungan antara seorang hamba dengan Allah dan tata caranya telah diatur dalam syariat Islam. Contoh ibadah mahdzah adalah sholat, puasa, haji, zakat, umrah, dll.

Sedangkan ibadah Ghairu Mahdzah adalah ibadah yang bukan hanya berhubungan dengan Allah tetapi juga merupakan interaksi terhadap sesama, contohnya saling tolong menolong, mencari rizki yang halal, menuntut ilmu, dan perilaku-perilaku baik lainnya.

Di dalam ibadah mahdzah terdapat amalan wajib dan amalan sunnah. Amalan sunnah ini dikerjakan dengan tujuan untuk menyempurnakan ibadah wajib yang kita lakukan. Salah satu amalan sunnah yang dapat kita lakukan adalah sholat tasbih.

Apa yang dimaksud sholat tasbih? Sesuai dengan namanya, Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang dilakukan dengan membaca tasbih pada setiap gerakan sholat. Seperti pada saat berdiri, rukuk, duduk iftirasy, dan tasyahud. Di dalam gerakan-gerakan sholat tersebut kita membaca tasbih tanpa menghilangkan bacaan-bacaan yang dianggap wajib.

Tata cara Sholat Tasbih sama seperti sholat-sholat sunat yang lain, hanya saja sholat tasbih mengandung bacaan tasbih pada seiap gerakannya. Sholat ini dilakukan sebanyak 4 rakaat. Pada rakaat pertama, setelah membaca fatihah dan surat pendek,kemudian membaca tasbih 15 kali.

Kemudian dilanjutkan dengan rukuk dan membaca tasbih 10 kali, ketika I’tidal membaca tasbih 10x, kemudian sujud dan duduk iftirasy membaca tasbih 10 kali. Begitu pula dilakukan pada rakaat kedua. Terakhir pada saat duduk Tasyahud, kita membaca Tahiyat dan sholawat Nabi dan kemudia membaca tasbih 10x, kemudian diakhiri dengan salam.

Tata cara sholat Tasbih tersebu telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam Hadits beliau yang artinya, “Sembahyanglah empat (4) rakaat. Engkau bacakan pada setiap rakaat, Surah al-Fatihah dan diikuti dengan membaca surah. Selepas itu bacalah (tasbih):

Allahhu akbar, walhamdulillahi, wasubhana Allah 15 kali sebelum engkau ruku”. Kemudian ruku’ dan baca (tasbih) 10 kali. Kemudian angkat kepala kamu (‘iktidal) dan baca (tasbih) 10 kali. Kemudian sujud, bacalah (tasbih) 10 kali. Kemudian angkat kepala engkau (duduk antara dua sujud) dan bacalah (tasbih) 10 kali. Kemudian sujud dan bacalah (tasbih) 10 kali dan sebelum engkau bangun berdiri (10 kali tasbih). Maka kesemua itu 75 (tasbih) pada setiap rakaat, dan jumlah semuanya pada 4 rakaat sebanyak 300 kali” (HR Turmuzi)

Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang istimewa. Pasalnya didalam Al-quran banyak sekali perintah agar kita bertasbih kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam surat At-Toha yang artinya “Maka bersabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbih-lah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya, dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang.” (Thoha:130).

Selain memiliki keistemawaan yang sangat besar, sholat tasbih juga memiliki beberapa keutamaan yang akan diperoleh bagi siapapun yang mengerjakannya. Berikut beberapa keutamaan dari sholat tasbih.

1.      Memberatkan timbangan amal baik di akhirat

Manfaat dan keistimewaan sholat tasbih pertama adalah memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Ibadah yang kita amalkan selama ini sudah pasti akan dihisab di akhirat kelak. Jika rajin membaca tasbih maka timbangan amal baik Anda akan diberatkan.

” Rasulullah bersabda, ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal baik dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2.      Terhindar dari kesedihan dan penyakit-penyakit berat

Dengan mengerjakan sholat tasbih kita akan terhindar dari kesedihan dan penyakit-penyakit berat. Hal ini sesuai dengan sabdah Nabi SAW.

” Suatu kali Qabishah al-Makhariq mendatangi Rasulullah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, ajarkan aku beberapa kalimat (ucapan) yang dengannya Allah memberi manfaat kepadaku, karena sungguh umurku sudah tua dan aku merasa lemah untuk melakukan apapun’. Lalu Rasulullah berkata, ‘Jika engkau tasbih, maka akan engkau terhindar dari kesedihan, kusta, penyakit biasa, belang, lumpuh akibat pendarahan otak (stroke)’.” (HR.Ahmad)

3.      Tasbih adalah kalimat terbaik di sisi Allah SWT

Satu kali, Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat tentang ucapan yang paling baik. Beliau menjawab, ‘Yang diperintah Allah SWT kepada para malaikat-Nya dan hamba-Nya adalah ucapan Subhanallahi wa bihamdihi’. (HR. Muslim)

4.       Memiliki tabungan berupa kebun kurma di surga

Seperti halnya memiliki perkebunan di dunia di mana pemiliknya tinggal memetik hasil keuntungannya, maka demikian juga jika rajin menjalankan sholat tasbih. Allah akan menanamkan sebatang pohon kurma setiap kali kita membaca Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi. Nabi Muhammad SAW bersabdah:

” Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga.” (HR. at-Tirmidzi)

5.      Menghapus dosa yang banyak

Manfaat dan keistimewaan sholat tasbih yang selanjutnya adalah dapat menghapuskan dosa-dosa yang kita lakukan meskipun dosa itu sebanyak buih di lautan. Hal tersebut sesuai dengan Hadits Rasulullah SAW:

” Rasulullah bersabda, barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahi wa bi hamdihi 100 kali, maka Allah hapuskan kesalahan meskipun kesalahannya itu sebanyak buih lautan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6.      Menjadi senjata untuk menghadapi Dajjal Di hari kiamat

pada saat hari kiamat kelak, semua manusia sibuk dengan dirinya sendiri-sendiri. Seorang ibu tidak dapat menolong anaknya, seorang anak tidak dapat menolong ibunya, seorang suami tidak dapa menolong istrinya, dan begitu pula sebaliknya.

Semua orang sibuk dengan masalah dan urusan mereka sendiri. Hanya ada 3 hal yang dapat menolong manusia pada hari kiamat, yaitu sifat Ar-Rahim Allah, syafaat Nabi Muhammad, dan amal perbuatan yang dilakukan selama di dunia. Sholat tasbih merupakan salah satu amal yang dapat menjadi senjata pada saat hari kiamat kelak.

” Rasulullah bersabda, makanan orang beriman pada zaman munculnya Dajjal adalah makanan para malaikat, yaitu tasbih dan taqdis. Maka barangsiapa yang ucapannya pada saat itu adalah tasbih, maka Allah akan menghilangkan darinya kelaparan.” (HR. Ahmad).

7.      Senjata menghadapi persoalan besar

Di dalam hidup kita tidak akan terlepas dari masalah. Dengan mengerjakan sholat tasbih, Allah akan menjadikannya senjata atau solusi terhadap masalah yang kita hadapi. Rasulullah SAW bersabdah:

” Diriwayatkan dari Abu Hurayrah, bahwa jika Rasulullah menghadapi persoalan penting, maka beliau mengangkat kepalanya ke langit sambil mengucapkan Subhanallahil azhim, dan jika beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa, maka beliau mengucapkan Ya hayyu ya qoyyum.” (HR. at-Tirmidzi)

Demikianlah manfaat dan keistimewaan sholat tasbih menurut hadits yang perlu diketahui umat Muslim. Dengan mengetahui manfaat dan keistimewaan sholat tasbih ini, semakin banyak umat Muslim yang mengamalkan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW ini.

BACA JUGA
5 Masjid Terbesar di Singapura
7 Peristiwa Penting Yang Menyambut Kelahiran Nabi Muhammad
Sejarah Masjid Menara Kudus Dan Perjuangan Sunan Kudus
7 MASJID TERBESAR DI JAWA TIMUR
TATA CARA DAN KEUTAMAAN SHOLAT TAUBAT
Pengertian, Macam dan Keutamaan Sholat Rowatib
Ingin Khusyu’ Saat Sholat? Ikuti Tips berikut!
8 Keutamaan Sholat Istikharah Yang Patut Diketahui
Hukum dan Manfaat Mengerjakan Sholat Berjamaah
Keutamaan Dan Tata Cara Sholat Hajat (Arab dan Latin)
Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini
Powered by