Di dalam hidup manusia terdapat 3 hal yang telah dicatat oleh Allah SWT bahkan sejak manusia masih di alam ruh. Ketiga hal tersebut adalah jodoh, rizki, dan kematian. Baik jodoh, rizki, dan kematian, ketiganya merupakan takdir mubram atau takdir yang telah mutlak dan tidak dapat diubah.

Meskipun jodoh merupakan salah satu dari tiga hal telah tercatat menjadi takdir yang tidak bisa diubah, namun sebagai manusia hendaknya tetap berusaha untuk bisa mendapatkannya. Berikut 7 amalan yang agar cepat mendapatkan jodoh yang terbaik:

1. MEMBACA AYAT AL-QURAN UNTUK MENDAPATKAN JODOH

Sebagai kitab suci umat Islam yang juga merupakan petunjuk serta peringatan, Al-Quran memiliki beberapa pokok kandungan diantaranya adalah masalah akidah, hukum, sejarah dan kisah-kisah umat terdahulu, serta urusan ibadah dan muamallah. Selain mendapatkan pahala dan syafaat bagi pembacanya, ayat-ayat Al-quran juga memiliki beberapa fadhilah atau keutamaan. Berikut ayat-ayat Al-quran yang memiliki keutamaan berupa disegerakan mendapat jodoh yang baik bagi muslim yang membacanya:

  • Surat Al-Anbiya’ Ayat 89:

وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Wa zakariyyā iż nādā rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn

Arti: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. (Al- Anbiya’:89)

  • Surat Al-Furqan Ayat 74

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallażīna yaqụlụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqīna imāmā

Arti: Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan:74)

  • Surat Al-Qasas ayat 24

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

“Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”. (Al-Qasas:24)

2. MEMBACA DOA

Berdoa merupakan sarana berkomunikasi kepada Allah SWT, dimana seorang hamba menyampaikan apa yang menjadi keinginan, hajat, serta harapan. Ada beberapa doa khusus yang dibaca yang bertujuan agar segera mendapatkan jodoh yang baik.

Doa segera dapat jodoh untuk laki-laki:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

Doa segera dapat jodoh untuk perempuan

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

3. SHOLAT 5 WAKTU DI AWAL WAKTU

Amalan yang harus dilakukan agar segera mendapatkan jodoh adalah sholat lima waktu di awal waktu. Seorang muslim hendaknya senantiasa mengerjakan sholat lima watu di awal waktu dan tidak menunda-nunda melaksanakan sholat ketika telah masuk waktunya. Apabila seorang muslim menyegerakan mengerjakan sholat ketika sudah masuk waktunya, maka Allah juga akan menyegerakan apa yang menjadi keinginannya. Tak terkecuali dengan keinginan untuk segera mendapatkan jodoh.

4. SHOLAT TAHAJUD DI SEPERTIGA MALAM

Dalam sebuah Hadits Shohih Nabi Muhammad SAW bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

”Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 1808)

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa doa yang dimunajatkan pada sepertiga malam terakhir merupakan doa yang pasti dikabulkan oleh Allah SWT, tak terkecuali doa agar segera mendapatkan jodoh. Maka jika seseorang bermunajat agar segera mendapatkan jodoh pada sepertiga malam yang terakhir, maka Allah pasti akan mengkabulkanya.

5. SHOLAT HAJAT

Sholat hajat adalah dua rokaat sholat sunnah yang dikerjakan agar doa dan keinginan dikabulkan oleh Allah SWT. Dalam sebuah Hadits Nabi Muhammad SAW telah diajarkan bahwa umat islam hendaklah memohon segala sesuatu hanya kepada Allah semata, Tak terkecuali memohon untuk segera mendapatkan jodoh yang terbaik.

انْقَطَعَ  إِذَا نَعْلِهِ شِسْعَ  يَسْأَلَهُ حَتَّى وَ الْمِلْحَ يَسْأَلَهُ حَتَّى حَاجَتَهُ رَبَّهُ أَحَدُكُمْ لِيَسْأَلْ

“hendaklah salah seorang di antara kalian senantiasa meminta segala kebutuhannya hanya kepada Allah. Meskipun hanya meminta garam, meskipun hanya meminta tali ketika sandalnya putus” (HR. Tirmidzi)

6. MENJAGA WUDHU

Salah satu keutamaan dari menjaga wudhu adalah wajah menjadi berseri-seri dan enak dipandang. Sehingga jika seorang muslim ingin segera mendapatkan jodoh maka hendaknya senantiasa menjaga wudhu. Selain itu, seorang muslim yang senantiasa menjaga wudhu maka Allah akan mengutus dua malaikat yang akan selalu menjaganya hingga batal wudhu nya.

7. MEMINTA DOA ORANG TUA

Amalan agar segera mendapat jodoh yang terakhir adalah meminta doa dan ridho dari kedua orang tua, khususnya doa seorang ibu.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

ثلاثُ دَعَواتٍ لا تُرَدُّ : دعوةُ الوالدِ ، و دعوةُ الصائمِ ، و دعوةُ المسافرِ

“Ada tiga doa yang tidak tertolak: [1] doa orang tua (kepada anaknya) [2] orang orang yang berpuasa [3] doa orang yang sedang safar” (HR: Imam Baihaqi)

Dalam riwayat lain Nabi Muhammad SAW bersabda:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ : دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِه

“Ada tiga doa yang mustajab tanpa diragukan lagi: [1] doa orang yang terzalimi [2] doa orang yang sedang safar [3] doa orang tua kepada anaknya” (HR. At Tirmidzi)

Dari kedua Hadits diatas dijelaskan bahwa doa kedua orang tua termasuk salah satu doa yang tidak akan tertolak, sehingga jika seseorang ingin segera mendapatkan jodoh, maka hendaknya meminta doa dari kedua orang tua.

Setelah melaksanakan amalan-amalan diatas, hal terakhir yang harus dilakukan adalah yakin dan tawakal. Seorang muslim haruslah yakin bahwa Allah menciptakan semua makhluk berpasang-pasangan. Di Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman:

QS: Adz-Zariyyat:49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

QS: An-Najm: 45

وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ

dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.

Dari dua ayat diatas telah jelas disebutkan bahwa Allah telah menciptakan segala sesuatu berpasangan, tak terkecuali manusia. Oleh sebab itu jika seseorang belum menemukan jodoh maka hendaknya selalu yakin dan khusnudzon bahwa Allah telah mempersiapkan jodoh yang terbaik untuk dirinya.

 

BACA JUGA
7 AMALAN YANG PAHALANYA TERUS MENGALIR
Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam
7 AMALAN SUNNAH DI BULAN DZULHIJJAH
Tips Membuat Tanda Batas Jarak Aman Di Lantai Masjid Pada Masa New Normal
7 AMALAN UNTUK MENARIK REZEKI YANG BERKAH
Sudah Tau Belum? Ini Dia 8 Ketentuan Ibadah  Haji Di Tengah Pandemi Global
Sejarah Fatkhu Mekkah, Peristiwa Pembebasan Kota Mekkah Tanpa Pertumpahan Darah
Sudah Tau? Ini 7 Wabah Yang Pernah Terjadi Dalam Sejarah Islam

 

Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini