Islam merupakan agama dengan populasi penganut terbesar di dunia. Penyebaran agama islam paling banyak terdapat di wilayah-wilayah  seperti Asia Barat, Afrika Utara, dan Asia Tenggara. Tak heran jika banyak terdapat masjid-masjid besar di wilayah-wilayah tersebut. Akan tetapi di Eropa, wilayah yang penduduk muslimnya termasuk minorias, ternyata juga terdapat masjid-masjid termegah dan terbesar di dalamnya. Berikut 10 masjid terbesar di Eropa.

GRANDE MOSQUE DE PARIS

9 masjid terbesar di eropa

Masjid terbesar dan termegah pertama terletak di kota yang disebut kota mode dunia. Ya, masjid ini terletak di kota paris tepatnya di  Arondisemen Ve. Grande Mosque de Paris atau juga disebut Masjid Raya Paris ini termasuk masjid yang sangat tua. Pasalnya masjid ini dibangun setelah Perang Dunia I. waktu itu warga paris yang beragama islam banyak membantu pemerintah dalam perang dunia. Oleh sebab itu pemerintah paris mebangunkan masjid Grande Mosque de Paris sebagai ucapan terimakasih terhadap umat muslim paris yang telah banyak membantu dalam perang dunia. Masjid ini dibangun mengikuti gaya mudéjar. Masjid yang diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue pada tanggal 15 Juli 1926 ini memiliki menara setinggi 33 meter.  Pada saat peresmian masjid ini, Ahmad al-Alawi seorang sufi Aljazair, diberi sebuah kehormatan menjadi imam sholat pertama di masjid ini.

LONDON CENRTAL MOSQUE

9 Masjid Terbesar di Eropa

London cenrtal mosque dibangun pada tahun 1970-an yang merupakan salah satu, inisiatif oleh Lord Headley. Masjid ini dirancang oleh seorang arsitek inggris Sir Frederick Gibberd yang dipilih dalam kompetisi International. Masjid yang memiliki kuba berlapis emas setinggi 44 meter ini dibangun dalam kurun waktu 2 tahun dan menghabiskan dana sebesar 6 miliar pondserling. Sebagian dana tersebut didapat dari donasi H.M King Faisal, Saudi Arabia dan kemudian dilengkapi oleh His Highness Sheikh Zayed, United Arab Emirates.

MASJID CENTRAL DOME GROZNY

9 Masjid Terbesar di Eropa

Masjid Central Dome Grozny atau yang oleh masyarakat lokal disebut masjid Akhmad Kodyrov ini terletak di kota Gronzy, Republik Chencnya. Akhmad Kodyrov sendiri adalah nama presiden pertama Chencnya yang meninggal karena dibunuh pada 9 Mei 2004. Masjid ini dibangun pada tahun 2006 untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa mendiang presiden Akhmad Kodyrov. Masjid yang dibangun diatas lahan seluas 14 hektar dan memiliki kapasitas 15.000 jamaah ini diresmikan oleh presiden Ramzan Kodyov pada tanggal 17 Oktober 2008. Upacara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Vladimir Putin, duta besar Turky serta perwakilan dari berbagai Negara sahabat

CENTRO ISLAMICO CULTURE D’ITALIA GRANDE MOSCHEA

9 Masjid Terbesar di Eropa

Masjid yang juga dikenal dengan nama Rome Mosque atau Masjid Roma ini merupakan masjid terbesar di luar Negara Islam. Masjid yang memiliki kapasitas hingga 12.000 jamaah ini memiliki luas 30.000 meter persegi.  Masjid yang terletak di kawasan Acqua Acetosa, di kaki Monti Parioli, utara kota Roma ini menganut paham islam sunni dibawah kepeimpinan Abdullah Ridwan. Masjid yang selesai dibangun pada tahun 1994 ini menghabiskan biaya hingga 40 juta pondsterling. Tidak tanggung-tanggung, masjid ini didesain oleh 4 arsitektur terkenal yaitu Paolo Portoghesi, Vittorio Gigliotti, Sami Mousawi dan Nino Tozzo.

MOSCOW CATHEDRAL MOSQUE

9 Masjid Terbesar di Eropa

Bukan hanya gereja saja yang disebut Katedral, di Moskow juga terdapat sebuah masjid yang disebut Masjid Katedral Moskow. Mungkin karena budaya umat Kristen Ortodox yang biasa menyebut Gereja besar sebagai Gereja Ortodox. Sehingga masyarakat moskow  juga menyebut Masjid besar sebagai Masjid Katedral. Moscow Cathedral Mosque atau Masjid Katedral Moskow dibangun pada tahun 1904 dan merupakan masjid tertua kedua setelah Moscow Historical mosque yang sudah dibangun 76 tahun sebelumnya.   Moscow cathedral mosque sendiri dibangun diatas lahan seluas 15.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 6.000 jamaah.

COLOGNE CENTRAL MOSQUE

9 Masjid Terbesar di Eropa

Masjid yang merupakan masjid terbesar di Jerman ini diresmikan pada tanggal 12 Juni 2017. Masjid yang dibangun atas pendanaan organisasi islam Turki ini memiliki luas 4.500 meter persegi dan mampu menampung hingga 2.000 jamaah. Arsitek masjid ini, Paul Bohm arsitek terkenal di jerman yang juga merupakan spesialis pembuat gereja. Ada yang menarik dari Masjid yang dibangun pada tahun 2011 ini, ternyata pada saat penggalangan dana, Gereja Katolik St Theodore di Cologne juga turut mengadakan penggalangan dana untuk menyumbang pembangunan masjid ini. Cologne Central Mosque memiliki dua menara setinggi 55 meter yang berdiri di samping kanan dan kiri Cologne Central. Masjid yang memiliki dinding kaca dan dua kubah ini kini menjadi destinasi wisata yang menarik di Jerman.

SAINT PETERBURG MOSQUE

9 Masjid Terbesar di Eropa

Sama seperti namanya masjid ini berlokasi di pusat kota Saint Peterburg Rusia. Masjid yang selesai dibangun  pada tahun 1921 mampu menampung 5.000 jamaah. Sebenarnya rencana pembangunan masjid ini sudah ada sejak tahun 1882 yaitu pada masa Selim-Girei Tevkelev menjabat menjadi  Mufti Orenburg. Ia kemudian mengadakan kesepakatan dengan menteri Count Tolstoy untuk membangun masjid di st. Peterburg. Sebuah komite untuk mengupulkan dana pembangunan masjid dibangun pada tahun 1906 oleh Menteri Count Tolstoy. Komite yang dikepalai oleh Ahun Ataullah Bayazitov, seorang ulama Rusia tersebut berhasil mengumpulkan dan sebanyak 750,000 rubel. Setelah pengumpulan dana selama10 tahun, akhirnya masjid Saint Peterburg berhasil dibangun. Tentunya dengan dukungan penuh oleh pemerintah dan masyarakat Saint peterburg Rusia.

SULTAN AHMED MOSQUE

9 Masjid Terbesar di Eropa

Masjid Ahmed Mosque dibangun antara tahun 1609 hingga 1616, atas perintah Sulatan Ahmed, yang kemudian namanya diabadikan menjadi nama masjid tersebut. Masjid yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Biru ini terletak di kawasan tertua di Istanbul, di mana sebelum 1453 merupakan pusat Konstantinopel, ibu kota Kekaisaran Bizantium. Disebut dengan Masjid Biru sebab pada interior masjid ini didominasi dengan warna biru. Masjid yang memiliki luas 4.745  meter persegi ini mampu menampung hingga 10.000 jamaah.

ISLAMISCHES ZENTRUM WIEN

9 Masjid Terbesar di Eropa

Islamic Zentrum Wien atau juga disebut Masjid Islamic Center Wina dibangun selama kurun waktu tahun 1975 hingga 1979 dengan dana sumbangan dari Raja Saudi Arabia, Faisal Bin Abdul Aziz,  masjid ini dibangun diatas lahan yang dibeli dari dana yang berasal dari 8 negara Islam di tahun 1968 dan mendapatkan dukungan dari pemerintah Austria. Peletakan Batu Pertama masjid ini dilakukan pada 28 Februari 1968, dan diresmikan pada 20 November 1979 bertepatan 1 Muharram 1400 H oleh Presiden Austria, DR. R..Kirschschlager. masjid yang didesain oleh arsitek Inggris R. Lugner ini memiliki Menara seinggi 32 meter dan Kubah 16 meter. Masjid yang berlokasi di Bruckhaufe, Vienna, Austria ini memiliki ruangan salatnya kira-kira berukuran 100 x 200 meter. Masjid itu terbagi dalam 3 lantai. Lantai basement, lantai dasar, dan lantai atas..

Iulah tadi 9 masjid terbesar yang ada di Eropa. Kita sebagai umat Islam sudah sepatutnya berbangga akan keberadaan komunitas-komunitas islam yang tersebar di seluruh dunia.

Sumber:

https://bit.ly/34L1fMG

https://bit.ly/3b91Qc7

BACA JUGA: