KITAB INJIL DITURUNKAN KEPADA NABI ISA AS

Kitab Injil merupakan Kitab ketiga dari keempat kitab dalam Agama Islam. Kitab injil diturunkan kepada Nabi Isa AS pada abad pertama masehi. Nabi Isa merupakan Nabi ke-24, yakni Nabi yang diutus sebelum Nabi Muhammad SAW.  Nabi Isa merupakan Nabi yang diutus pada Bani Israil. Ia merupakan putra dari Maryam yang lahir tanpa adanya seorang ayah.

Kata Injil berasal dari Bahasa Yunani “Eungelion” yang berarti kabar baik. Dalam Bahasa Inggris, Injil disebut juga dengan Gospel, yang merupakan penggabungan dari dua kata, yakni God dan spell yang bermakna “Ucapan Tuhan”.

SEJARAH TURUNNYA KITAB INJIL

Berdasarkan Hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Thabrani dalam al-Mu’jam Al-Habir, Injil diturunkan pada hari ke-13 Ramadhan. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Kitab Injil diturunkan pada hari ke-18 Ramadhan, 1050 tahun setelah turunnya Kitab Zabur dan 482 tahun setelah Kitab Taurat.

Pada waktu Injil diturunkan, Nabi Isa AS genap berusia 13 tahun. Pada waktu itu Allah SWT memerintahkan Nabi Isa untuk kembali dari Negeri Mesir menuju Baitul Ilya (Yerusalem, Palestina).

Di Baitu Ilya, Nabi Isa dan Ibu nya menemui Yusuf, sepupu nya untuk tinggal disana untuk beberapa waktu. Ketika tinggal bersama Yusuf di Baitul Ilya, Allah SWT menurunkan wahyu berupa Kitab Injil kepada Nabi Isa AS. Tak hanya menurunkan Kitab Injil, di tempat itu pula Allah mengajarkan tentang ajaran dan hukum-hukum yang ada di dalam Kitab Taurat, serta memberi nya berbagai macam mukjizat.

KITAB INJIL DITULIS DENGAN BAHASA SURYANI

Kitab Injil merupakan kitab yang diturunkan untuk kaum Nasrani. Kitab Injil pertama kali ditulis menggunakan Bahasa Suryani. Yaitu Bahasa Aram Timur yang digunakan oleh mayoritas pemeluk Agama Kristen di Suriah dan Timur Tengah.

Bahasa Suryani juga merupakan Bahasa yang dulu pernah dipertuturkan oleh Masyarakat di wilayah Bulan Sabit subur, yaitu sebuah kawasan yang terbentang dari pesisir Laut Tengah dan kemudian melengkung dan masuk ke lembah antara sungai Tigris dan Efrat.

Wilayah Bulan Sabit Subur yang menggunakan Bahasa Suryani antara lain Israel, Yordania, Lebanon, Suriah, Irak, dan Irak Barat. Selain wilayah-wilayah tersebut, masyarakat di wilayah Arab Timur juga pernah menggunakan Bahasa Suryani sebagai Bahasa keseharian.

Pada Abad ke-3, kekaisaran Yunani berhasil menduduki sebagian besar wilayah Mesir, Suria, Lebanon, dan beberapa Negara di Timur Tengah lainnya. Kota Alexandria pun dijadikan pusat Yudaisme Helenistik. Sehingga Bahasa Yunani menjadi bahasa utama penganut Yahudi dan Nasrani. Pada Abad itulah pertama kali Kitab Injil diterjemahkan dari Bahasa Suryani ke Bahasa Yunani Koine.

ISI DAN KANDUNGAN KITAB INJIL

Dalam buku berjudul “Aku Percaya”, Dr. J. Verkuyl menjelaskan bahwa Injil merupakan bagian dari Bible yang memuat dua bagian penting. Bagian pertama adalah Perjanjian Lama (The Old Testament) atau dalam Bahasa Arab Al-‘Ahd Al-Qadim, dan bagian kedua adalah Perjanian Baru (The New Tastement) yang dalam Bahasa Arab disebut dengan Al-‘Ahd Al-Jadid.

Perjanjian Baru terdiri dari 27 Kitab yang dimulai dari Injil Matius hingga Injil Yohanes. Sedangkan Perjanjian Lama berjumlah 39 kitab. Sehingga jika digabungkan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru berjumlah 66 Kitab.

Dari keterangan Dr. Verkuyl diatas dapat disimpulkan bahwa Injil berisi tentang empat poin penting: Pertama, Perjanjian Lama berisi 39 kitab yang ditulis menggunakan Bahasa Suryani. Kedua, Perjanjian Baru berisi 27 Kitab dan surat-surat yang ditulis dengan menggunakan Bahasa Yunani. Ketiga, Yang disebut dengan Injil adalah 4 kitab pertama, yakni Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, dan Injil Yohanes. Keempat, Kitab Injil berisi tentang sejarah hidup Nabi Isa (Yesus), Kelahiran nya, kematian nya, kebangkitan nya, serta kelak kembali ke dunia.

KITAB INJIL MENURUT ISLAM

Menurut agama Islam, Kitab Injil merupakan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Isa AS. Berbeda dengan Kitab Taurat yang berisi tentang ajaran dan hukum-hukum Allah, dan Kitab Zabur yang berisi pujian dan doa-doa untuk mengagungkan Allah, Kitab Injil menurut agama Islam berisi tentang:

  1. Perintah untuk kembali mengesakan Allah
  2. Membenarkan keberadaan kitab-kitab yang terdahulu (Taurat dan Zabur)
  3. Menghapus beberapa hukum dalam Kitab Taurat yang sudah tidak berlaku
  4. Menjelaskan bahwa akan datang Rasul setelah Nabi Isa AS, yakni Nabi Muhammad SAW.

Kitab Injil merupakan pedoman bagi pemeluk agama Nasrani yang berisi tentang ajaran untuk hidup dengan zuhud, menjauhi kerakusan dan ketamakan dunia.

KITAB INJIL MENURUT AL-QURAN

  1. Al-Quran membenarkan Kitab Injil

نَزَّلَ عَلَيْكَ ٱلْكِتَٰبَ بِٱلْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَأَنزَلَ ٱلتَّوْرَىٰةَ وَٱلْإِنجِيلَ

Dia menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepadamu dengan sebenarnya; membenarkan kitab yang telah diturunkan sebelumnya dan menurunkan Taurat dan Injil. (QS. Al-Imran:3)

  1. Injil diturunkan kepada Nabi Isa

وَقَفَّيْنَا عَلَىٰٓ ءَاثَٰرِهِم بِعِيسَى ٱبْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ ٱلتَّوْرَىٰةِ ۖ وَءَاتَيْنَٰهُ ٱلْإِنجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ ٱلتَّوْرَىٰةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِينَ

Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.(QS: Al-Maidah:46)

  1. Injil berisi janji Allah bagi orang yang beriman

إِنَّ ٱللَّهَ ٱشْتَرَىٰ مِنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ أَنفُسَهُمْ وَأَمْوَٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ ٱلْجَنَّةَ ۚ يُقَٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ ۖ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا فِى ٱلتَّوْرَىٰةِ وَٱلْإِنجِيلِ وَٱلْقُرْءَانِ ۚ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِۦ مِنَ ٱللَّهِ ۚ فَٱسْتَبْشِرُوا۟ بِبَيْعِكُمُ ٱلَّذِى بَايَعْتُم بِهِۦ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. (QS: At-Taubah:111)

  1. Injil menyebutkan Nabi Muhammad sebagai penutup para Nabi

ٱلَّذِينَ يَتَّبِعُونَ ٱلرَّسُولَ ٱلنَّبِىَّ ٱلْأُمِّىَّ ٱلَّذِى يَجِدُونَهُۥ مَكْتُوبًا عِندَهُمْ فِى ٱلتَّوْرَىٰةِ وَٱلْإِنجِيلِ يَأْمُرُهُم بِٱلْمَعْرُوفِ وَيَنْهَىٰهُمْ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ ٱلْخَبَٰٓئِثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ إِصْرَهُمْ وَٱلْأَغْلَٰلَ ٱلَّتِى كَانَتْ عَلَيْهِمْ ۚ فَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ بِهِۦ وَعَزَّرُوهُ وَنَصَرُوهُ وَٱتَّبَعُوا۟ ٱلنُّورَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ مَعَهُۥٓ ۙ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.(QS: Al-A’raf:157)

 

Sumber: https://bit.ly/2H2hH0X , https://bit.ly/3iPaTB1 , https://bit.ly/3iR0y7T , https://bit.ly/2SKWA5V

Baca Juga:

6 KAUM NABI TERDAHULU YANG DIAZAB DAN DIBINASAKAN OLEH ALLAH
7 TIPS MENGELOLA KEUANGAN SESUAI SYARIAT ISLAM
7 TRADISI UNIK PERAYAAN MAULID NABI YANG ADA DI INDONESIA
SEJARAH KEHIDUPAN NABI MUHAMMAD SAW
SEJARAH KITAB ZABUR  MENURUT ISLAM
SEJARAH KITAB TAURAT MENURUT ISLAM
10 SAHABAT NABI YANG PERTAMA MASUK ISLAM
TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT NEW NORMAL