Di dalam Agama Islam, mempercayai dan mengimani Kitab Allah merupakan suatu kewajiban dan menjadi salah satu rukun iman. Salah satu kitab suci yang wajib diimani oleh umat Islam adalah Kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud AS, untuk disampaikan kepada kaum Bani Israil, dimana sebelumnya Bani Israil menggunakan Kitab Taurat yang diturunkan pada Nabi Musa

KITAB ZABUR DITURUNKAN KEPADA NABI DAUD AS

Kitab Zabur merupakan salah satu kitab yang wajib diimani dalam agama Islam. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS, yaitu nabi ke 12 dari 25 nabi yang wajib diketahui. Nabi Daud merupakan Raja dan Hakim Agung bagi Bani israil. Ia adalah Ayah dari Nabi Sulaiman, yang juga merupakan Nabi Allah.

Zabur berasal dari kata Zabaro, yazburu, Zabrun yang memiliki arti tulisan. Kitab Zabur disebut juga dengan Mazmur atau Mizmor , yang dalam Bahasa Ibrani berarti nyanyian atau pujian.

SEJARAH TURUNNYA KITAB ZABUR

Sejarah turunnya Kitab Zabur tidak lepas dari keberhasilan Nabi Daud AS saat mengalahkan dan membunuh seorang Raja yang sombong dan durhaka, bernama Jalut (Goliat).  Setelah berhasil membunug Jalut, masyarakat Bani Israil begitu mengagungkan Nabi Daud, hingga lupa bahwa keberhasilan Nabi Daud dalam membunuh Jalut adalah atas izin dan pertolongan Allah.

Melihat rakyat nya yang semakin mengagungkan dan memuji-muji Nabi Daud, Nabi Daud kemudian memutuskan untuk meninggalkan kerajaan dan menyendiri di daerah terpencil di dekat Yerusalem. Di tempat tersebut Nabi Daud terus menerus mengagungkan Allah lewat pujian-pujian dan doa.

Di tengah munajat dan doa-doa yang dipanjatkan Nabi Daud AS, Allah kemudian menurunkan wahyu berupa KItab Zabur sebagai kitab suci yang turun setelah Kitab Taurat. Kitab Zabur sendiri turun pada abad ke 10 SM, yakni 486 tahun setelah turunnya Kitab Taurat pada Nabi Musa.

KITAB ZABUR DITULIS DENGAN BAHASA QIBTI

Perbedaan Kitab Taurat dan Zabur terdapat pada Bahasa yang digunakan dan isi serta kandungan nya. Kitab Taurat menggunakan Bahasa Ibrani, yaitu bahasa resmi yang digunakan oleh Bani Israil dan dipergunakan oleh sebagian besar kelompok Yahudi.

Berbeda dengan Kitab Taurat yang menggunakan Bahasa Ibrani, Kitab Zabur ditulis menggunakan Bahasa Qibti. Yaitu Bahasa yang digunakan masyarakat Mesir dalam berkomunikasi sehari-hari sebelum Bangsa Arab menguasai Mesir.

ISI DAN KANDUNGAN KITAB ZABUR

Dari segi isi dan kandungan Kitab Taurat dan Kitab Zabur juga memiliki perbedaan. Kitab Taurat berisi tentang Kisah perjuangan Nabi Musa, hukum-hukum serta ajaran dan syariat Agama, sedangkan Kitab Zabur berisi 5 pokok yang terdiri dari:

  1. Nyanyian kebaktian untuk memuji Tuhan
  2. Nyanyian perorangan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan
  3. Ratapan para Jemaah
  4. Ratapan dan doa individu
  5. Nyanyian untuk Raja

Kitab Zabur hanya berisi tentang nyanyian, pujian, dzikir, doa, serta nasehat dan hikmah. Kitab Zabur tidak memiliki kandungan seperti Kitab Taurat dimana terdapat hukum-hukum serta syariat agama. Pada masa Nabi Daud, kaum Bani Israil masih menggunakan ajaran, syariat, serta hukum-hukum yang ada di dalam Kitab Taurat. Sedangkan Kitab Zabur hanya digunakan untuk panduan berdoa dan memuji Tuhan yang Maha Esa.

KITAB ZABUR MENURUT AL-QURAN

Sebagai kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi terdahulu, yakni Nabi Daud. Kitab Zabur beberapa kali disebutkan di dalam Al-Quran. beberapa ayat yang menyebutkan dan menjelaskan mengenai Kitab Zabur antara lain:

Surat Al-Anbiya’ ayat 105

وَلَقَدْ كَتَبْنَا فِى ٱلزَّبُورِ مِنۢ بَعْدِ ٱلذِّكْرِ أَنَّ ٱلْأَرْضَ يَرِثُهَا عِبَادِىَ ٱلصَّٰلِحُونَ

Dan sungguh telah Kami tulis didalam Zabur sesudah (Kami tulis dalam) Lauh Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hamba-Ku yang saleh. (QS: Al-Anbiya: 105)

Surat Al-Imron ayat 184

فَإِن كَذَّبُوكَ فَقَدْ كُذِّبَ رُسُلٌ مِّن قَبْلِكَ جَآءُو بِٱلْبَيِّنَٰتِ وَٱلزُّبُرِ وَٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُنِيرِ

Jika mereka mendustakan kamu, maka sesungguhnya rasul-rasul sebelum kamupun telah didustakan (pula), mereka membawa mukjizat-mukjizat yang nyata, Zabur dan kitab yang memberi penjelasan yang sempurna. (QS: Ali Imron: 184)

Surat An-Nisa ayat 163

۞ إِنَّآ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ كَمَآ أَوْحَيْنَآ إِلَىٰ نُوحٍ وَٱلنَّبِيِّۦنَ مِنۢ بَعْدِهِۦ ۚ وَأَوْحَيْنَآ إِلَىٰٓ إِبْرَٰهِيمَ وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ وَٱلْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَٰرُونَ وَسُلَيْمَٰنَ ۚ وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورًا

Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma’il, Ishak, Ya’qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (QS: An-Nisa:163)

Surat Al-Isra’ ayat 55

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ ٱلنَّبِيِّۦنَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورً

Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud. (QS: Al-Isra’: 55)

KITAB ZABUR MENURUT ISLAM

Kitab Zabur menurut agama Islam adalah kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabiyullah Daud AS. Mempercayai dan mengimani Kitab Zabur merupakan kewajiban bagi Umat Islam. meskipun demikian, umat Islam tidak diwajibkan mempelajari Kitab Zabur ataupun Kitab-kitab samawi lainnya. sebab umat Islam telah memiliki kitab suci yang menjadi pedoman hidup serta penyempurna  kitab-kitab terdahulu, yakni Kitab Suci Al-Quran.

 

 

Sumber: https://bit.ly/3jzDFaj , https://bit.ly/33wkHvo , https://bit.ly/34qQLQJ

Baca Juga:

6 KAUM NABI TERDAHULU YANG DIAZAB DAN DIBINASAKAN OLEH ALLAH
7 TIPS MENGELOLA KEUANGAN SESUAI SYARIAT ISLAM
7 TRADISI UNIK PERAYAAN MAULID NABI YANG ADA DI INDONESIA
SEJARAH KEHIDUPAN NABI MUHAMMAD SAW
SEJARAH KITAB INJIL MENURUT ISLAM
SEJARAH KITAB TAURAT MENURUT ISLAM
10 SAHABAT NABI YANG PERTAMA MASUK ISLAM
TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT NEW NORMAL