Karpet masjid merupakan salah satu sarana vital yang ada di masjid. Fungsinya yang tidak lain sebagai alas sholat tak jarang membuat karpet masjid menjadi kotor dan berbau. Ada beberapa cara untuk mencegah bau kurang sedap di permukaan karpet masjid, salah satunya adalah dengan menggunakan parfum.

Parfum karpet masjid merupakan salah satu solusi untuk mencegah timbulnya aroma kurang sedap di permukaan karpet masjid. Seperti yang diketahui, karpet masjid memiliki ukuran yang lebar serta tebal dan berat. Sebagai contoh karpet masjid turki yang memiliki ketebalan antara 14 mm hingga 21 mm dan berat per roll nya yang mencapai 3 kg hingga 6 kg, membuat karpet masjid turki lebih sulit dicuci dibandingkan karpet masjid lokal pada umumnya. Belum lagi bahannya yang berkualitas, membuat karpet masjid turki tidak dapat dicuci secara asal-asalan serta harus menggunakan perawatan khusus ketika mencuci nya. Oleh karena itu menggunakan parfum karpet masjid untuk mencegah bau di permukaan karpet masjid turki lebih direkomendasikan dibandingkan dengan mencuci nya secara langsung.

JENIS-JENIS PARFUM KARPET MASJID

Secara umum ada 2 jenis parfum yang bisa diaplikasikan pada karpet masjid, yang pertama adalah parfum murni dan yang kedua adalah parfum campuran.

1. Parfum Murni

Parfum murni merupakan parfum yang 100% terbuat dari bibit parfum atau parfum oil tanpa ada tambahan bahan apapun. Bibit parfum atau Parfum oil merupakan bahan dasar pada pembuatan parfum-parfum yang dijual di pasaran. Fungsi dari bibit parfum ini adalah untuk memberikan aroma harum pada parfum, sabun, lotion, maupun wewangian lainnya. Kelebihan dari parfum murni atau biasa disebut juga parfum karpet non alkohol adalah wanginya yang tahan lama karena memang tidak ada bahan campuran lainnya. Namun dengan kelebihan tersebut, bibit parfum juga memiliki kekurangan, yakni harganya yang relative mahal.

2. Parfum Campuran

Parfum campuran merupakan jenis parfum yang terdiri dari bibit parfum dengan bahan aditif lainnya. Bahan aditif yang umumnya digunakan untuk campuran parfum adalah alkohol, methanol, ataupun air. Kelebihan dari parfum campuran ialah harganya yang relative lebih murah jika dibandingkan harga parfum karpet masjid murni, namun parfum campuran juga memiliki kekurangan, yakni wanginya yang kurang bisa bertahan lama dibandingkan wangi yang dihasilkan oleh parfum murni.

FUNGSI PARFUM KARPET MASJID

Semua orang pastinya sudah mengetahui apa fungsi dari parfum untuk karpet masjid. Ya! Fungsi dari parfum pada karpet masjid adalah untuk memberikan sensasi harum pada permukaan karpet serta mencegah aroma kurang sedap pada karpet masjid. Selain untuk mengharumkan permukaan karpet, parfum yang memiliki kandungan alkohol atau methanol juga dapat mencegah tumbuhnya jamur di permukaan karpet masjid. Parfum yang berbahan alkohol juga efektif membunuh bakteri dan virus yang ada di permukaan karpet.

Kebanyakan muslim beranggapan bahwa alkohol merupakan zat yang memabukkan sehingga penggunaan alkohol di dalam parfum atau produk lainnya hukumnya haram atau najis. Masyarakat wajib mengetahui perbedaan antara Alkohol dan Khamr. Khamr merupakan minuman yang dibuat dari proses fermentasi karbohidrat, baik yang terdapat pada buah maupun biji-bijian. Sedangkan Alkohol adalah Etil Alkohol atau Etanol, yaitu suatu senyawa kimia yang memiliki rumus C2H5OH.

Jadi sudah jelas berbeda antara Khamr dan Alkohol. Khamr merupakan minuman yang dibuat dari proses fermentasi buah dan biji-bijian, dimana pembuatan nya memang bertujuan untuk membuat minuman yang memabukkan, sedangkan Alkohol merupakan senyawa kimia yang secara teknis digunakan sebagai bahan pelarut pada produk-produk tertentu.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa parfum yang berbahan alkohol tidak haram untuk digunakan dan tidak pula najis.  Hal tersebut berdasarkan Lajna Ulama di Al-Azhar Mesir yang menyebutkan bahwa penggunaan alkohol sebagai campuran bahan apapun tidaklah najis ataupun haram, kecuali jika tujuannya memang untuk membuat minuman yang memabukkan.

Oleh sebab itu umat islam tidak perlu khawatir terhadap penggunaan alkohol sebagai campuran parfum karpet masjid ataupun produk-produk lainnya. parfum yang mengandung alkohol terutama alkohol 75% justru dapat mencegah tumbuhnya jamur dan membunuh bakteri di permukaan karpet masjid anda.

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PARFUM KARPET

Setelah mengetahui jenis-jenis dan fungsi dari parfum karpet masjid, selanjutnya anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat parfum karpet masjid. Membuat parfum karpet sebenarnya sangatlah mudah dan bahkan bisa dibuat sendiri di rumah. Hanya saja kebanyakan orang tidak tau alat dan bahan apa saja yang dibutuhkan, serta bagaimana langkah-langkah membuatnya. Untuk memudahkan anda membuat parfum karpet masjid sendiri, anda dapat menyimak penjelasan berikut:

Alat Dan Bahan

Sebelum membuat parfum karpet, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat-alat dan bahan. Alat-alat untuk membuat parfum karpet sangatlah sederhana dan umumnya tersedia di rumah. sedangkan untuk bahan pembuatan parfum karpet masjid juga sangat mudah didapatkan di toko-toko bahan kimia. Berikut alat dan bahan untuk membuat 1 liter parfum karpet masjid:

Alat:
  • Ember plastik
  • Spatula Kayu
  • Gelas ukur
  • Gelas plastik
  • Saringan
  • Corong plastik
  • Botol/jerigen plastik
Bahan:
  • 20 ml Bibit Parfum
  • 700 ml Alkohol
  • 300 ml air
  • 5 ml fixative

 

Fungsi dari Bahan

Bahan pertama adalah bibit parfum. Bibit parfum berfungsi memberikan aroma pada parfum karpet. Pemberian bibit parfum pada pembuatan parfum sebenarnya opsional, namun memberikan bibit parfum sebanyak 2% dari total parfum yang dibuat sudah sangat cukup untuk membuat parfum karpet yang wangi dan tahan lama. sebagai contoh, jika parfum yang dibuat adalah 1000 ml, maka bibit parfum yang dibutuhkan adalah 20 ml. konsentrasi bibit parfum yang digunakan bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.

Bahan kedua yaitu alkohol. Fungsi dari alkohol adalah sebagai bahan pelarut bibit parfum serta bahan-bahan lainnya. Untuk konsentrasi alkohol yang digunakan adalah 70% dari total parfum yang dibuat. selain berfungsi sebagai pelarut, alkohol juga efektif untuk mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri di permukaan karpet.

Untuk bahan pembuatan parfum selanjutnya adalah air. Konsentrasi dari air untuk membuat parfum karpet masjid adalah sebanyak 30%. Fungsi dari air dalam pembuatan parfum sendiri adalah untuk mengurangi tingkat penguapan pada parfum. Seperti yang diketahui alkohol merupakan zat yang sangat mudah menguap ketika terkena udara. Air disini berfungsi sebagai pengikat alkohol sehingga tidak mudah menguap dan parfum tetap melekat lebih lama di permukaan karpet.

Bahan yang terakhir untuk membuat parfum karpet masjid adalah fixative. Fixative merupakan bahan yang umumnya digunakan dalam pembuatan parfum, lotion, ataupun sabun. Fungsi dari fixative sendiri adalah untuk mengikat bibit parfum sehingga aroma parfum menjadi lebih tahan lama.

CARA MEMBUAT PARFUM KARPET

  1. Ukur semua bahan sesuai resep dengan menggunakan gelas ukur.
  2. Masukkan 700 ml alkohol dan 300 ml air ke dalam ember plastik. Sebaiknya saring terlebih dahulu air yang digunakan sebelum dimasukkan ke dalam ember.
  3. Aduk campuran air dan alkohol hingga homogeny
  4. Campur 20 ml bibit parfum dengan 5 ml fixative ke dalam gelas plastik
  5. Masukkan campuran bibit parfum+fixaktive ke dalam ember plastik yang berisi campuran alkohol dan air
  6. Aduk hingga rata menggunakan spatula kayu.
  7. Masukkan larutan parfum ke dalam botol plastik atau jerigen.
  8. Tutup sampai rapat agar larutan parfum tidak menguap.

CARA MENGAPLIKASIKAN PARFUM KARPET

Cara mengaplikasikan parfum karpet sangatlah mudah. Cukup masukkan parfum ke dalam botol spray, kemudian semprotkan ke seluruh permukaan karpet masjid anda. Karpet masjid akan harum dan terhindar dari bau apek dan aroma tak sedap lainnya.

Demikian cara membuat parfum karpet masjid yang praktis dan mudah. Cara membuat parfum karpet sebenarnya terbilang mudah dan sederhana, bahkan anda dapat membuat sendiri di rumah dengan alat-alat yang tersedia di rumah anda. Kelebihan dari membuat parfum karpet sendiri adalah anda bisa menyesuaikan seberapa wangi parfum karpet yang Anda inginkan. Anda juga bisa dengan leluasa membuat parfum dengan aroma sesuai selera anda, dimana parfum karpet yang dijual di pasaran memiliki wangi yang terbatas. Kelebihan lain dari membuat parfum karpet sendiri tentunya harga yang jauh lebih ekonomis dibandingkan jika membeli parfum karpet di pasaran.

 

Sumber:  https://bit.ly/32VKOdN https://bit.ly/357CsCu

 

BACA JUGA

TIPS MEMBELI KARPET MASJID TERBAIK SESUAI ANGGARAN KAS MASJID

TIPS AGAR MUSHOLLA RUMAH SEMPIT TAMPAK LEBIH LUAS

7 Amalan Agar Cepat Mendapat Jodoh

 TIPS MUDAH AGAR KARPET MASJID WANGI & HEMPAS BAU TAK SEDAP

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Tips Membuat Tanda Batas Jarak Aman Di Lantai Masjid Pada Masa New Normal

5 KEUTAMAAN PUASA TASU’AH DAN ASYURA

SEJARAH PENGGUNAAN SAJADAH SEBAGAI ALAS SHOLAT

 

Open chat
Selamat datang di Picasso Rugs & Carpets. Mau proposal GRATIS dan DISKON langsung?
Silahkan chat kami disini